Aneka Bakso Khas Nusantara

Food —Selasa, 5 Jul 2022 13:56
    Bagikan  
Aneka Bakso Khas Nusantara
Bakso, favorit masyarakat Indonesia.* (FOTO: Restiyan Ningsih)


DEPOST,- Panganan bakso kian menjamur di mana-mana. Bakso memiliki banyak penggemar dan jadi menu favorit.  Isian dan jenis baso pun semakin beragam, seperti bakso urat sapi atau bakso cincang.  Namun Bakso Malang tetap jadi favorit.

Bakso Cuanki

Bakso Cuanki adalah bakso khas dari Kota Bandung. Bakso cuanki memiliki bahan dari ikan dengan kuah tulang ikan, meski saat ini banyak bakso Cuanki yang menjual dengan bakso daging sapi. Bakso Cuanki juga bisa disajikan dengan siomay, pangsit, dan mie.

Bakso Ikan

Bakso ikan terbuat dari campuran tepung dengan daging ikan yang digiling dan dibentuk bulat-bulat.  Bakso ikan biasanya cenderung lebih hitam atau putih tergantung daging ikan jenis apa.

Bakso Ayam

Jika biasanya berbahan daging sapi, namun bakso yang satu ini terbuat dari campuran ayam dan tepung. Warnanya kecoklatan seperti bakso sapi.

Bakso Seafood

Varian lainnya adalah bakso seafood.  Bakso seafood diantaranya bakso kepiting atau lobster. Selain enak, juga memiliki kandungan gizi dan cocok untuk penggemar seafood.

Baca juga: Bebek Tepi Sawah Ubud Bali, Ini Pilihan Menu dan Harganya

Bakso Telur

Bakso telur lumrah ditemukan dimanapun.  Olahan tepung dan daging sapi yang dibentuk, lalu diisi telur. Bakso telur juga semakin bervariasi bentuknya, dari kerucut, bulat besar dan lainya.

Bakso Mercon

Meski namanya mercon, tak perlu khawatir jika bakso ini akan meledak saat  memakannya.  Kata “mercon” dalam bakso ini adalah kiasan karena bakso mercon memiliki rasa sangat pedas. Bahkan kuah dari bakso ini sendiri lebih dominan sambal serta cabe rawit merah yang masih utuh.

Bakso Beranak

Bakso beranak hanya di Indonesia.  Nama bakso beranak karena ukuranya yang besar dengan bakso kecil-kecil di dalamnya ketika kamu membelahnya.

Bakso Malang

Bakso Malang berasal dari Kota Malang.  Bakso ini memiliki ciri khas menggunakan daging sapi dan dominan urat. Ukuran bakso sedang dengan bumbu yang sederhana seperti kaldu dan bawang putih.  Lalu tambahan tahu dan pangsit. Bakso Malang memiliki rasa gurih dan menyegarkan.

Bakso Aci

Bakso aci khas Bandung adalah bakso yang tidak menggunakan bahan dasar daging sapi.  Adonannya hanya menggunakan tepung terigu dan campuran tepung kanji. Bakso Aci biasa disajikan dengan kuah pedas, jeruk nipis dan kacang sukro.

Bakso Rusuk

Pecinta daging pasti ngiler dengan bakso yang satu ini.  Bakso ini akan menonjolkan tulang rusuk sapi yang menggoda.  Kuah daging sapinya juga yang gurih dan sedap.

Itulah beberapa kreasi bakso di Indonesia, mana favoritmu?* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Balai Rehabilitasi Napza Adhyaksa, Sarana Pemulihan Tepat Kurangi Ketegantungan Narkoba

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait