Kisah Bung Tomo Tersesat di Gunung Wilis, RJL 5 Fajar Aditya

Hiburan —Jumat, 15 Apr 2022 18:15
    Bagikan  
Kisah Bung Tomo Tersesat di Gunung Wilis, RJL 5 Fajar Aditya
Kisah Bung Tomo Tersesat di Gunung Wilis, Rjl 5 Fajar Aditya * Youtube RJL 5

DEPOST.ID,- “Darah itu merah Jendral” RJL 5 Fajar Aditya kali ini kembali menceritakan tentang sejarah atau untold story yang tayang di Channel Youtub RJL 5. Cerita kali ini tentang kisah Bung Tomo yang tersesat di Gunung Wilis.

Bung Tomo adalah salah satu pejuang Indonesia.  Kita mengenalnya sebagai salah satu sosok penting dalam Pertempuran Surabaya tahun 1945 yang dikenal dengan Battle of Surabaya. Kala itu yang paling terkenang adalah semangat Bung Tomo saat pidato hingga memantik perjuangan arek Surabaya.

Ditengah perjuangan Bung Tomo, ternyata beliau pernah tersesat dan masuk ke jurang di Gunung Wilis, bagaimana cerita selengkapnya?

Saat itu Bung Tomo tergabung dengan barisan pemberontak RI atau BPRI. Dengan adanya kecaman dari para penjajah keadaan BPRI genting dan harus mencarri tempat persembunyian yang aman.  Saat itulah mereka memilih Gunung Wilis yang ada di Jawa Timur sebagai tempat persembunyian sekaligus menjadi markas.

Februari 1949, mereka kembali diserang dan harus pergi.  Mereka pergi ke arah timur melewati jalur Sleuf Z. Jalur Sleuf Z merupakan jalur di tengah hutan yang  banyak jurang curam dan tidak ada desa atau kampung di sepanjang jalan tersebut.

Baca juga: Kasus RIP Tangmo Nida Belum Menunjukkan Titik Terang, Mengingatkan Pada Kematian Putri Diana dan Kontroversinya

Bahkan banyak yang menyebut bahwa jalur tersebut adalah jalur maut. Bung Tomo akhirnya menawarkan dirinya untuk membuka jalan sebelum sampai di Jalur Sleuf Z tersebut.  Agar rombongannya aman ketika melewati jalur tersebut.

Bung Tomo mulai berjalan menuruni dinding gunung yang curam.  Hampir saja ia terpeleset. Tapi untungnya tidak terjadi. Merasa berbahaya, akhirnya ia mengatakan pada rombongannya untuk tidak melewati jalur ini.

Para rombongan mencari jalan lain.  Sementara Bung Tomo dengan tubuh yang luka-luka akibat pohon berduri menemukan air terjun dan menuruni daerah tersebut. Terhalang jurang, akhirnya ia mengambil jalur lain dengan semak belukar.

Hingga sampailah ia di sebuah bukit dengan di depannya jalur Sleuf Z.  Namun jalur terpisah oleh jurang yang cukup dalam. Karena tidak ingin membuang waktu, akhirnya ia memutuskan untuk menuruni jurang agar sampai pada jalur Sleuf Z.

Ketika menuruni jurang, Bung Tomo bertumpu pada pohon.  Sayangnya pohon tersebut tak kuat menahan beban Bung Tomo.  Hingga akhirnya patah dan terjatuh. Beruntungnya Bung Tomo jatuh di air.   Akhirnya ia sadar dan merasakan sakit yang teramat di bagian perut. Bau darah juga tercium begitu menusuk hidung.

Baca juga: Jangan Lewatkan Prekuel Ketiga “Fantastic Beasts 3: The Secrets of Dumbledore”

Memutuskan untuk terus berjalan, Bung Tomo menemukan dinding gunung.  Ia ingin menaikinya namun ada sebuah bisikan “jangan yang itu“.  Bisikan aneh yang membuatnya mengikutinya hingga beberapa kali terdengar. Akhirnya ia menemukan dinding yang bisa ia naiki dan sampailah pada hamparan ilalang yang luas.

Selepas shalat pada malam itu, ada cahaya yang menyoroti bagian tubuhnya.  Entah cahaya dari mana.  Hal itu membuat Bung Tomo merasa takut jika itu adalah rombongan Belanda. Tak lama kemudian cahaya itu meredup dan tendengar suara langkah kaki kuda dan kereta kencana.

Bagaimana  kejadian selengkapnya? Saksikan kisah selanjutnya dalam RJL 5 Fajar Aditya.

Kanal Youtube RJL 5

Kanal ini merupakan Kanal Youtube Horor yang viral dan popular dengan cerita-cerita misteri penuh ketegangan dan menyentuh perasaan.  Tak heran, hingga tulisan ini dimuat, RJL 5 sudah memiliki 1,8 juta subscribers.  RJL 5 didirikan Fajar Aditya dan Ivan Haryo.  Jadwal tayang tiap harinya: Selasa untuk Story telling Kisah Misteri, Kamis : Podcast Narasumber (Om Mamat), dan Sabtu untuk DIMJ (Darah Itu Merah Jendral).  Beragam informasi mengenai RJL5 juga bisa cek instagram @rjl5.official, atau Instagram Fajar Aditya @Therealadhitya dan Ivan Haryo @ivanhry.* (RESTIYAN NINGSIH)

Baca juga: Jangan Lewatkan Prekuel Ketiga “Fantastic Beasts 3: The Secrets of Dumbledore”

Baca juga: Jangan Ngaku Penggemar Film Horor Kalau Belum Nonton Ini, Saksikan di Netflix


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait