Mitos-mitos yang Dipercaya Hingga Saat Ini

Horror —Sabtu, 20 Nov 2021 11:39
    Bagikan  
Mitos-mitos yang Dipercaya Hingga Saat Ini
Image/Pinterest

Depost.id 

Masih cukup banyak dari masyarakat Indonesia yang mempercayai beberapa mitos. Beberapa mitos yang beredar biasanya banyak dipengaruhi oleh sumber non ilmiah. Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan makhluk halus, fenomena alam. Dari yang mulai dapat diterima logika hingga hal yang diluar nalar. Kebanyakan asal mula mitos-mitos ini adalah bentuk larangan demi sopan santun. Namun karena banyak orang yang mengabaikan, beredarlah mitos-mitos.

Berikut merupakan beberapa mitos yang masih dipercaya masyarakat Indonesia hingga saat ini:

1. Anak gadis yang duduk di depan pintu akan sulit mendapat jodoh

Mitos ini merupakan mitos yang sangat populer di Indonesia terutama Masyarakat Jawa. Alasan utama dari mitos ini tak lain adalah karena menghalangi jalan. Namun banyak gadis yang tak mendengar larangan itu sehingga mitos itu pun beredar.

2. Tidur saat maghrib

Mitosnya, saat maghrib setan keluar dan banyak merasuki orang yang tengah tidur. Namun nyatanya setelah diteliti lebih lanjut, tidur saat jam 6 sore akan membuat seseorang terbangun tengah malam dan sulit untuk kembali tertidur. Alhasil orang tersebut akan bangun kesiangan dan menjalani pagi dengan keadaan yang masih ngantuk.

3. Menyapu tidak bersih akan mendapat suami brewok

Mitos satu ini menjadi andalan para ibu-ibu untuk para anak gadisnya agar menyapu dengan bersih. Dulu, memiliki jodoh brewokan lebih menakutkan. Namun sekarang mitos itu terpatahkan seiring banyaknya tren laki-laki brewok.

4. Mengantongi Batu

Tak kalah populer, mitos ini ternyata masih banyak diyakini oleh masyarakat Indonesia. Konon katanya, jika kebelet buang air kecil maka anda harus mencari batu untuk di genggam dan di kantongi. Cara ini merupakan cara ampuh untuk menahan kebelet yang dirasa.

Baca juga: Kata Cinta yang Memiliki Banyak Makna

Baca juga: Cerita Misterius Lukisan Hitam

Baca juga: Lumpia Sayur yang Sedang Viral dan Mudah Dibuat di Rumah


5. Menyisakan nasi saat makan akan membuat nasi tersebut menangis

Orang tua kerap kali menegur anak-anaknya jika tidak menghabiskan makanan. Hal ini berkaitan erat dengan beredarnya mitos bahwa siapa saja yang menyisakan nasi, makan nasi tersebut akan menangis. 

6. Gigi Copot

Mitos gigi copot ini terkenal dikalangan anak-anak. Menurut mitos, jika ada seorang anak yang gigi atasnya copot maka harus menguburnya ke tanah. Begitupun sebaliknya jika gigi bagian bawah yang copot, maka harus melemparkannya ke atas genteng agar gigi yang copot tersebut tumbuh kembali.

7. Membuka Payung di Rumah

Mitos ini kerap menjadi pantangan dan dihindari oleh banyak orang karena jika kita membuka payung di rumah, maka nasib sial pun akan datang.

8. Makan sambil tiduran

Mitosnya, makan sambil tiduran nantinya akan menjadi ular. Namun nyatanya hal ini berkaitan dengan kesehatan. Makan sambil tiduran akan membuat tubuh kesulitan untuk mencerna makanan. 

Itu lah mitos-mitos populer yang beredar di kalangan masyarakat Indonesia. Tulisan diatas belum dipastikan kebenarannya dan pembaca diharapkan dapat mengambil hikmah dari semua kejadian. Dimohon tidak mengikuti hal yang menyebabkan menyesatkan dan menimbulkan kerugian. Semua tulisan diatas sekedar fiksi belaka. /VR

Editor: Rere
    Bagikan  

Berita Terkait