Kuliner Nusantara, Sate Ambal Makanan Khas Kota Kebuman dengan Bumbu Spesial

Kuliner —Minggu, 19 Sep 2021 14:32
    Bagikan  
Kuliner Nusantara, Sate Ambal Makanan Khas Kota Kebuman dengan Bumbu Spesial
Kuliner Nusantara, Sate Ambal Makanan Khas Kota Kebuman dengan Bumbu Spesial/pinterest

KEBUMEN, DEPOST

Kebumen punya kuliner yang unik, walau sebenarnya hampir disemua daerah punya kuliner yang satu ini, namanya sate Ambal. Sate yang berbahan utama daging ayam, yang membedakan dan unik terletak pada bumbu atau saus nya, yang didaerah lain biasanya menggunakan kacang tanah sebagai bahan bumbu, nah di sate Ambal ini menggunakan tempe yang dihaluskan, unik bukan?.

Sate ambal sangat khas bisa kamu temukan di sekitar pantai pesisir Ambal, disana kamu bisa menikmati hidangan khas kota beriman ini dengan harga 15-25 ribu rupiah perporsinya bersama dengan lontong atau kupat.

Rasanyapun sangat berbeda jika kamu menyukai makanan manis dan gurih, sate ambal akan menjadi hidangan yang membuat kamu rindu dengan pesisir kota ini. 

Baca juga: Menyingkap Kisah Kehidupan Tuyul serta Peranya dalam Menambah Kekayaan Seseorang

Baca juga: Ikatan Cinta Hari Ini, Rahasia Pak Hartawan dan Jesika Terbongkar, Ternyata Ada Hal Ini!

Baca juga: Kupas Tuntas Nyi Blorong, Sosok Putri Ular dan Pesugihan yang Menyesatkan

Untuk kamu yang tidak menyukai bumbu asli sate ambal dengan tambahan bumbu tempe, penjual juga biasanya menyediakan bumbu kacang atau kecap yang bisa menjadi pilihan perjalalanan kuliner kamu.

Dibakar Dengan Arang Batok Kelapa

Berbeda dengan sate ayam dibeberapa daerah, terutama rasa bumbunya yang dominan Manis, namun pedas dan asinnya lumayan terasa. Menurut Pak Sholikin Sate Ambal sebelum dibakar, direndam dulu dengan 20 jenis rempah, wow sekali ya, ga kalah tuh sama ayam buatan luar negeri. Setelah direndam selama kurang lebih 2 jam, proses berikutnya adalah dibakar tanpa mengunakan kecap, untuk rasa manis menggunakan gula Jawa (brown sugar).

Satu lagi keunikan dari sate Ambal yaitu saat dibakar menggunakan arang dari batok kelapa, bikin khas banget aromanya. 

Baca juga: Kupas Tuntas Nyi Blorong, Sosok Putri Ular dan Pesugihan yang Menyesatkan

Baca juga: Ramalan Zodiak Harian Sabtu 18 September 2021, Scorpio Melupakan Mantan, Cancer Menyimpan Beban

Sejarah Sate Ambal

Sate Ambal adalah kuliner khas kebumen yang sudah terkenal dimana-mana, kata "Ambal" merupakan nama kecamatan di pesisir selatan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Konon awal mula sate Ambal ini muncul ketika sang Bupati Menginginkan adanya makanan khas yang sehat dan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di Ambal. Akhirnya tercetuslah sate Ambal dan mulai dikenal sejak tahun 1870.

Saat ini penjual sate ambal sudah tersebar di Kabupaten Kebumen tidak hanya di daerah Ambal. Saat kami lewat di Kecamatan Kutowinangun terlihat banyak pedagang sate Ambal dipinggir jalan, dan lokasinya saling berdekatan membuat kami penasaran ingin mampir. Mencoba ngobrol dengan penjualnya, yang ternyata sudah generasi ke 3. Namanya Bapak Sholikin yang berjualan meneruskan Orang Tuanya secara turun temurun

Baca juga: Kupas Tuntas Nyi Blorong, Sosok Putri Ular dan Pesugihan yang Menyesatkan

Baca juga: Ramalan Zodiak Harian Sabtu 18 September 2021, Scorpio Melupakan Mantan, Cancer Menyimpan Beban



Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait