Wajib Coba Kalau Ke Jogja, Kopi Jos dengan Campuran Arang

Kuliner —Jumat, 26 Aug 2022 13:40
    Bagikan  
Wajib Coba Kalau Ke Jogja, Kopi Jos dengan Campuran Arang
Kopi Joss.* (FOTO: Instagram @sedoyo.angkirngan)

DEPOST,- Kopi dari Indonesia banyak variannya, banyak juga inovasinya.  Salah satu yang menarik adalah kopi khas dari Yogyakarta karena menggunakan arang panas saat menyajikan, bernama Kopi Jos.

Penyajiannya memang unik, kopi hitam yang sudah dibuat langsung dimasukan potongan-potongan arang panas yang masih merah membara.  Air kopi pun menggelegak, akibat dari  pertemuan benda panas dan air.  Akhirnya membuatnya mengeluarkan suara 'jossss', itulah awal mula nama kopi ini muncul.

Minuman pahit khas  jogja ini  cocok dinikmati di pagi hari atau menemani malam hari.  Bagi yang belum mencobanya, harus segera mencici rasanya yang berbeda dari kopi lainnya.

Kita bisa menjumpai kopi jos di angkringan-angkringan atau kedai pinggir jalanan kota Yogya.  Biasanya hampir semua menjual minuman khas ini, jadi tidak terlalu sulit untuk menemukan minuman ini ketika berkunjung. Untuk harganyapun relatif terjangkau, hampir sama dengan kopi-kopi yang dijual biasa sekitar Rp 5 ribu.

Baca juga: Ganjar Ajak Seluruh Elemen Jaga Alam dan Lingkungan

Bagi yang kurang menyukai kopi pahit, tenang saja, sebab ada varian kopi susu joss yang membuatnya sedikit manis.  Harganya sedikit lebih tinggi  dari kopi joss biasa.

Ada cara yang cukup unik ketika minum kopi jos ini.  Biasanya para pembeli yang sudah sering minum kopi ini menuangkan kopi ke alasnya yang berupa piring kecil.  Dan meminumnya dari situ.  Hal ini membuat kopi lebih cepat diminum karena tidak terlalu panas.

Kemudian katanya nih, kopi dengan campuran arang panas ini bisa menyerap racun dan dipercaya juga bisa membuat sembuh dari masuk angin.  Tetapi itu hanya "katanya" masyarakat yang biasa meminumnya, belum ada penelitian yang lebih lanjut.

Meski begitu kopi ini menjadi salah satu kopi yang wajib dicoba untuk para pecinta kopi di tanah air.* (RENALDI)

Baca juga: Vakum Tiga Tahun, Bank bjb Ubud and Beyond Festival 2022 Kembali Digelar

 

 

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait