Enaknya Nasi Penggel dan Mendoan Kuliner Unik Khas Kebumen di Pasar Giwangretno

Kuliner —Selasa, 26 Oct 2021 10:44
    Bagikan  
Enaknya Nasi Penggel dan Mendoan Kuliner Unik Khas Kebumen di Pasar Giwangretno
Enaknya Nasi Penggel dan Mendoan Kuliner Unik Khas Kebumen di Pasar Giwangretno/ istimewa

KEBUMEN, DEPOST-Berjalan-jalan mengunjungi Kota Kebumen kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba kuliner khas Kota Beriman ini.

Ada Banyak macam-macam kuliner khas Kebumen yang bisa kita coba dari gethuk, ciwel, sate Ambal dan yang paling khas dan wajib untuk dicoba adalah makanan khas yang cocok untuk menu sarapan yaitu Nasi Penggel.

Nasi Penggel adalah makanan khas dari daerah Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Penamaan Nasi Penggel berarti mengambil nasi yang dibentuk bulat-bulat seukuran bola pingpong. Nasi Penggel itu bermakna nasi yang dibulati.

Baca juga: Medusa, Greek Mythological Creature with the Head of a Snake who was cursed by the Goddess Athena


Baca juga: Aksi Sekar Membuat Ganjar Pranowo Bergidik di Ruang Kerjanya

Nasi Penggel biasa diwadahi dengan daun pisang yang dibentuk ‘pincuk’. Biasanya pembeli akan mengambil 8-15 bulatan nasi. Bulatan Nasi Penggel ini diletakkan dalam bakul yang ditata berlapis-lapis. Setiap lapisan Nasi Penggel akan dipisahkan dengan lembaran daun pisang.

Nasi Penggel disajikan bersama sayur dan lauk. Sayur ini merupakan lodeh santan berbumbu gurih sederhana yang dicampur ‘gori’ atan nangka muda, daun singkong, tempe, tahu dan melinjo.

Adapun lauk Nasi Penggel adalah kulit dan jeroan sapi seperti babat, iso, kikil, ‘tetelan’, jantung, ginjal, paru, tempe mendoan dan semacamnya.

Nasi Penggel Banyak ditemui di jalan-jalan kota Kebumen atau sekitar Alun-alun Kebumen di Pagi hari.

Baca juga: Nikmatnya Sayur Besan Khas Betawi, Hidangan Pernikahan yang Mulai terlupakan

Baca juga: Aksi Sekar Membuat Ganjar Pranowo Bergidik di Ruang Kerjanya

Pasar Giwangretno/ ist

Selain itu kamu juga bisa menemukan nasi penggel ini di pasar-pasar tradisional, salah satunya kamu bisa mencoba nasi Penggel di Pasar Giwangretno, Jl. Raya Sruweng, Gumiwang, Giwangretno, Kec. Sruweng, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Warung Nasi Penggel Sri salah satu warung yanag menyediakan Nasi penggel dengan rasa yang enak dan murah. di warung Nasi Penggel Sri ini kamu bisa menikmati kuliner khas kebumen ini dengan harga Rp 12.000,- sudah bisa menikmati nasi Penggel, Sayur plus Kikil ditambah Teh Manis Rp 4.000,- dengan Rp 16.000,- kamu sudah kenyang dengan karbohidrat, protein dan sayuran dan yang pasti hati juga senang, karena pemilik warungnya yang ramah. 

Kamu juga bisa memilih lauk sendiri yang menjadi pilihan kamu untuk di santap, ada juga Mendoan sebagai makanan yang wajib berdampingan dengan Nasi Penggel Ini.

Sarapan nasi Penggel setelah lari pagi atau berbelanja sambil minum the hangat atau Kopi akan menjadi kenikmatan tersendiri yang tiada duanya./RS

Baca juga: Nikmatnya Sayur Besan Khas Betawi, Hidangan Pernikahan yang Mulai terlupakan


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait