Ribuan Nelayan Kecil Aman dengan Adanya Asuransi Nelayan

News —Rabu, 7 Sep 2022 12:47
    Bagikan  
Ribuan Nelayan Kecil Aman dengan Adanya Asuransi Nelayan
Asuransi Nelayan berikan rasa aman.* (FOTO: Istimewa)

DEPOST (KOTA SEMARANG),- Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berkomitmen mensejahterakan rakyat di Jateng. Salah satunya dengan memberikan rasa aman kepada ribuan nelayan kecil lewat Asuransi Nelayan (Asnel).

 

Ganjar menggulirkan program Asnel sejak 2019 dari sumber dana APBD Provinsi Jateng. Program ini disandingkan dengan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang telah bergulir sejak 2016.

 

Ganjar menjelaskan, di dalam Asnel terdapat asuransi kecelakaan di laut dan di darat. Untuk memberikan rasa nyaman kepada nelayan kecil, Ganjar menyebut pemerintah membayarkan preminya.

 

‘"Jadi asuransinya ada kecelakaan di laut, ataupun di darat dan kita membayar preminya. Ini untuk memberikan jaminan rasa tenang dan aman kepada mereka," kata Ganjar di TPI Tegal Katilayu, Cilacap, dikutip Senin (05/09/2022).

 

Sampai bulan September 2022 ini, Ganjar sudah mengcover 151.457 nelayan kecil dengan Asnel. Angka ini didapat setelah Ganjar menggenjot pemberian asuransi ini kepada puluhan ribu nelayan kecil se-Jateng setelah tahun 2019.

Baca juga: Sinopsis Drama Korea Big Mouth Episode 12

 

Percepatan pemberian Asnel juga tak lepas dari proses pengurusan pencairan asuransi yang sederhana. Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jateng, Fendiawan Tiskiantoro, prosesnya mudah dan cepat.

 

"Teknis pencairan asuransi, nantinya lapor ke kabupaten atau kota, baru ke provinsi dan nanti dengan pihak penyedia asuransinya akan diproses. Cepat kok, laporan tidak sampai seminggu," bebernya.

 

Fendi mengatakan, gebrakan Ansel yang digagas Ganjar ini belum ada di provinsi lain. Terlebih lagi, Fedi menyebut tidak hanya nelayan pesisir pantai utara dan pantai selatan Jawa yang akan mendapat Asnel, tapi juga nelayain perairan umum darat (PUD) seperti waduk, danau, serta sungai.


 

Asuransi Nelayan berikan rasa aman.* (FOTO: Istimewa)


Program inovasi Ganjar ini akhirnya mendapat banyak perhatian dari berbagai komunitas nelayan yang ada di Jateng. Salah satunya Kesatuan Nelayan Tradisional (KNTI) Kota Semarang.

 

Dengan kehadiran Asnel di Jateng, KNTI Kota Semarang mendorong ribuan anggotanya agar bisa bergabung dan mendapatkannya. Mereka mengusulkan sebanyak 1.000 anggota KNTI bisa ter-cover Asnel.

 

''Karena modelnya bertahap, dan setiap tahun dibatasi kuotanya yaitu 10.000 nelayan se-Jateng, maka anggotanya baru separo yang memiliki asnel. Tahun ini kami mendapatkan kuota lagi, dan terus akan kami usulkan,'' kata Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kota Semarang Slamet Ari Nugroho.

 

Manfaat asnel, kata dia, ada pada jaminan keamanan ketika nelayan saat melaut karena ada santunan yang bakal menyertainya andai mengalami kecelakaan hingga menimbulkan cacat atau bahkan meninggal dunia.* (SOLIKUN)

 

Slamet pun mengapresiasi upaya Ganjar untuk menyediakan asnel kepada nelayan. Dia berharap, kebijakan itu akan terus ada

Baca juga: Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Lokal yang Mirip dengan Luar Negeri

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait