Ban Kempes, Isi dengan Nitrogen atau Angin Biasa?

News —Senin, 12 Sep 2022 13:28
    Bagikan  
Ban Kempes, Isi dengan Nitrogen atau Angin Biasa?
Isi angin nitroge.* (FOTO: ---)

DEPOST,- Jika kita mengalami kebocoran pada ban atau ban kita kempes kurang angin, kita memiliki dua pilihan mengisi angin. Pertama, bisa diisi dengan angin biasa atau oksigen. Pilihan kedua, bisa dengan angin nitrogen.

Keduanya sama sama angin, tapi memiliki kualitas yang berbeda. Mana yang lebih bagus? Sebenarnya angin biasa juga memiliki kandungan Nitrogen didalamnya, namun kadarnya lebih rendah, sekitar 78 persen. Sedangkan angin Nitrogen memiliki kandungan sebesar 96 persen. Kadar tinggi

Nitrogen mempunyai keunggulan stabilitasnya dibanding angin biasa. Jadi angin pada ban yang menggunakan angin Nitrogen tidak mudah keluar dari karet ban. Kelebihan lainnya dari angin Nitrogen adalah bisa menjaga temperatur dari ban dan membuat ban juga lebih awet. Misal, ketika kita memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi atau di suhu jalanan yang cukup panas dengan menggunakan angin Nitrogen, suhu pada ban tidak naik terlalu tinggi.

Baca juga: Motor Matik Mana yang Tercepat?

Musuh utama ban itu adalah suhu panas karena ban terbuat dari karet yang bisa empuk dan cepat tergerus jika suhu panas. Angin Nitrogen setidaknya bisa mengurangi suhu panas itu. Namun, apakah nyaman untuk menggunakan Nitrogen?

Kalau bicara soal kenyamanan pada ban, sebenarnya tergantung pada tekanan angin yang dimasukan ke dalam ban. Jika tekanan sesuai, maka motor atau mobil yang dikendarai akan terasa nyaman baik menggunakan angin biasa ataupun angin Nitrogen.

Untuk mendapatkan angin Nitrogen, bisa mendatangi bengkel atau ke SPBU yang biasanya menyediakan angin nitrogen.* (RENALDI)

Baca juga: Apple Merilis Iphone 14

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait