Nekat Bobol ATM di Markas TNI, Dua Orang Pelaku Berhasil Diringkus

News —Jumat, 5 Nov 2021 14:11
    Bagikan  
Nekat Bobol ATM di Markas TNI, Dua Orang Pelaku Berhasil Diringkus
Kapolsek Sumur Bandung Kompol Deny Rahmanto pimpin Konferensi Pers di Mapolsek Sumurbandung.

KOTA BANDUNG, DEPOST- Dua pria berinisial S dan AR nekat membobol ATM yang terletak di Kodiklat TNI AD, Jalan Aceh Kota Bandung pada tanggal 22 Oktober lalu.

Sebelumnya, disebutkan ada tiga pelaku dalam kasus itu. Akan tetapi, setelah dilakukan pendalaman kembali oleh polisi, seorang pelaku lain dinyatakan tak terlibat.

Kapolsek Sumur Bandung Kompol Deny Rahmanto mengatakan, pelaku membobol dengan cara mengganjal mesin ATM menggunakan tongkat narsis (tongsis) yang sudah dimodifikasi.

Baca juga: Preman yang Aniaya Pedagang Pasar di Bandung di Tangkap Polsek Babakan Ciparay

"Pelaku mempelajari cara membobol ATM menggunakan tongsis dari media sosial YouTube. Hanya butuh waktu 3 menit bagi para pelaku untuk membobol ATM". Kata dia di Mapolsek Sumur Bandung, Kamis (4/11/2021).

Modus operandi yang dilakukan pelaku dengan mengganjal transaksi yang ada pada ATM mengeluarkan uang oleh tersangka dijepit menggunakan tongsis yang sudah dimodifikasi.

Kapolsek Sumur Bandung, menambahkan, polisi turut mengamankan barang bukti hasil kejahatan pelaku berupa uang tunai senilai Rp 2,5 juta.

Baca juga: Terkait Pinjol, Hotline Pengaduan Polda Jabar, Terima 231 Aduan

"Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku sudah dua kali melakukan aksinya. Selain di Kecamatan Sumur Bandung, pelaku juga beraksi di Kecamatan Lembang dan menggasak uang tunai Rp 2 juta". Tambahnya.

Akibat perbuatannya, Kapolsek menyampaikan, pelaku disangkakan Pasal 363 KUHPidana. Sementara, salah seorang pelaku yakni AR mengaku sudah mengetahui aksi pembobolan tersebut dilakukan di Kodiklat TNI AD. Namun, dia tetap nekat melakukan aksinya itu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi.

"Memang tahu (di Kodiklat) tapi nekat melakukan". Kata dia.

Sebelumnya diberitakan, aksi para pelaku digagalkan oleh anggota TNI yang berjaga. Mereka lalu diserahkan ke polisi untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut. -LE

Baca juga: Ganjar Kembali Pamerkan Motor Listrik Buatan Jateng



Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait