Penataan Jalan Penghubung Jabar dan Jateng Telah Diresmikan

News —Senin, 21 Feb 2022 21:16
    Bagikan  
Penataan Jalan Penghubung Jabar dan Jateng Telah Diresmikan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.* (FOTO: HUMAS JABAR)

DEPOSTID (KAB. CIREBON),- Penataan jalan penghubung antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah, tepatnya di Ciledug Kabupaten Cirebon dengan Kabupaten Brebes, telah diresmikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil awal Februari lalu. Ridwan Kamil meyakini penataan ruas jalan tersebut akan meningkatkan perekonomian dua wilayah dan menguatkan rasa persatuan.

Ruas jalan sepanjang 1,2 km tersebut strategis bagi pengembangan perekonomian dan aksesibilitas kedua wilayah. Setelah penataan, lebar jalan tersebut menjadi 10 meter sampai 12 meter. Dilengkapi juga dengan pedestrian yang nyaman dan Penerangan Jalan Umum (PJU). Sebelum penataan, ruas jalan yang diberi nama jalan Kapten Piere Tendean tersebut hanya memiliki lebar enam meter. Arus barang kedua wilayah pun sering terhambat.

Baca juga: Pusat Budaya Pageurageung Jadi Ruang Interaksi Pelaku Budaya

Penataan Jalan Kapten Piere Tendean yang melintasi Sungai Cisanggarung itu menelan biaya Rp9,7 miliar yang berasal dari APBD Provinsi Jabar. Secara keseluruhan, Jabar memiliki 297 ruas jalan dengan panjang total 2.360 km. Terdapat pula 1.295 unit jembatan yang merupakan kewenangan Pemprov Jabar.

Sementara itu, Wakil Bupati Brebes, Narjo, menyampaikan terima kasih telah diresmikannya jalan penghubung Jabar-Jateng menjadi lebih baik. Narjo berharap penataan jalan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Brebes dan Cirebon. Ruas jalan tersebut sering digunakan oleh warga Brebes untuk mengangkut hasil tanaman bawang merah menuju Cirebon, Kuningan dan wilayah Jabar lainnya.

"Semoga menambah semangat dan kesejahteraan masyarakat kami yang menggunakan angkut barang seperti hasil tanaman bawang merah yang menuju ke Cirebon, Kuningan dan sekitarnya," tutur Narjo.* (TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Peluang Liverpool Juara Liga Inggris Terbuka Lagi



Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait