Gerakan Pramuka Jabar Luncurkan SuperApps

News —Senin, 28 Feb 2022 22:33
    Bagikan  
Gerakan Pramuka Jabar Luncurkan SuperApps
Pramuka Jabar masuki era baru kepanduan digital.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)

DEPOSTID (KOTA BANDUNG),- Gerakan Pramuka Jabar meluncurkan SuperApps Pramuka Jabar. Hal ini menandai era baru kepanduan digital yang menandakan Pramuka Jabar sangat adaptif terhadap perkembangan zaman. Pramuka Jabar menjadi pelopor karena merupakan kwartir daerah pramuka pertama di Indonesia yang memilikinya.

Keberadaan SuperApps Pramuka Jabar ini juga mengantarkan Kwarda Jabar meraih MURI sebagai Pemrakrasa Kwartir Daerah pertama di Indonesia yang memiliki aplikasi kepramukaan. Piagam penghargaan Muri dengan nomor No.10236/R.MURI/II/2022 diserahkan perwakilan MURI kepada Ketua Kwarda Jabar Atalia Praratya Kamil selaku inisiator selepas peluncuran aplikasi.

Aplikasi SuperApps ini merupakan ruang interaksi digital seluruh anggota pramuka se-Jabar. SuperApps Pramuka Jabar menjadi pintu utama berbagai aktivitas anggota. Di dalamnya berisi fitur terkini, berita dan informasi terkini seputar kepramukaan, digitalisasi struktur keanggotaan pramuka dan pemutakhiran data anggota, interaksi pengguna dari berbagi tingkatan gugus depan, kwarcab maupun kwarda. Ada pula kolom aspirasi dan bisa mengunggah foto, video kegiatan kepramukaan serta fitur-fitur lainnya.

Peluncurannya dilakukan oleh Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Jabar yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (22/02/2022). Momentum ini bertepatan dengan hari lahir Bapak Pandu se-dunia yakni Lord Baden Powell. Dilahirkan di London, Inggris, 22 Februari 1857, Baden Powell memiliki jasa besar pada gerakan kepanduan dunia.

Ia meminta kepada para anggota pramuka untuk memiliki aplikasi tersebut dengan cara mengunduh di layanan playstore. Masyarakat umum juga disarankan untuk memilikinya.

Baca juga: Daftar Pemain Lokal dengan Nilai Transfer Tertinggi di BRI Liga 1

Bagi anggota pramuka yang sudah memiliki aplikasinya agar bersemangat membagikan informasi dengan gaya yang humoris namun pesannya serius. Bisa seputar informasi ringan seperti tata cara penggunaan kacu, semafor bendera hingga informasi besar tentang kepancasilaan maupun bela negara.

"Bikin konten tiap hari yang inspiratif dengan gaya humoris namun pesannya penting, bisa tentang semafor, cara pasang kacu sampai hal yang sifatnya besar," tutur Kang Emil.

Kak Atalia lantik Mabicab dan LPK

Di hari yang sama, Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bandung periode 2022-2027, di Gedung Budaya Sabilulungan Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (22/02/2022). Acara pelantikan ini bertepatan dengan Hari Baden Powell sebagai Bapak Pramuka Dunia karena jasanya bagi perkembangan pramuka. Atas dasar itu, 22 Februari yang merupakan tanggal kelahiran Baden Powell dijadikan sebagai Hari Pramuka Sedunia.

Kak Atalia meminta kepada pengurus Mabicap dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Bandung untuk bertanggung jawab dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya adalah dengan selalu menebar benih-benih kebaikan kepada masyarakat.

"Saya memberikan beberapa pesan di antaranya adalah untuk terus menghadirkan pramuka dengan berbagai kegiatanya yang kreatif dan harus tetap produktif di masa pandemi seperti saat ini termasuk juga menghadirkan kegiatan yang adaptif dan juga tentu solutif," kata Kak Atalia.

Baca juga: Drawing Babak 16 Liga Europa, Banyak Pertandingan Seru

Atalia juga berpesan agar pramuka di Kabupaten Bandung untuk terus aktif dalam membangun karakter anak bangsa di tengah kemajuan teknologi digital. Sehingga, para anak-anak di Kabupaten Bandung tetap memiliki karakter kebangsaan yang kuat namun tetap melek digital.

Target 39 Kampung Pramuka di Tasikmalaya

Kwarda Pramuka Jawa Barat menargetkan 39 Kampung Pramuka hadir di Kabupaten Tasikmalaya sepanjang 2022. Ini merupakan komitmen bersama untuk memasyarakatkan gerakan pramuka hingga pelosok desa. Demikian dikatakan Ketua Kwarda Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil usai melantik Mabicab dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya Masa Bakti 2022-2027 di Pendopo Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (15/02/2022).

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto dilantik sebagai Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), sedangkan Sekda Kabupaten Tasikmalaya Mohamad Zen sebagai Ketua Kwarcab Kabupaten Tasikmalaya.

"Saya mengapresiasi Kabupaten Tasikmalaya. Periode sebelumnya telah hadir sembilan kampung pramuka, dan insyaallah untuk pengurus berikutnya bisa menghadirkan 39 kampung pramuka tahun ini," ujar Atalia.

Merespons kemajuan zaman, Kak Atalia meminta gerakan pramuka Jabar agar adaptif, solutif, dan kreatif.* (bersumber dari siaran pers / TISHA S. KANILAH)

Baca juga: Fabio Carvalho, Wonderkid Incaran Liverpool dan Manchester United

Editor: Putri
    Bagikan  

Berita Terkait