Tips Atasi Stress dengan Olahraga Ringan Berikut Ini

Olahraga —Jumat, 24 Sep 2021 14:13
    Bagikan  
Tips Atasi Stress dengan Olahraga Ringan Berikut Ini
Tips Atasi Stress dengan Olahraga Ringan Berikut Ini/pinterest

DEPOST.ID

Kepadatan aktifitas sering kali membutuh tubuh kita merasa Lelah, bukan hanya tubuh, pikiran dan otak terasa tegang bahkan hingga stress dengan jadwal yang tiada hentinya.

Bukan hanya tubuh, pikiran juga perlu olahraga dan bersantai agar kesetressan bisa hilang dan teratasi sehingga bisa untuk melakukan aktifitas lainya dengan lancar. 

Baca juga: Recipes, How to Make Simple Sweet Shrimp Satay in an Expensive Restaurant

Baca juga: Ramalan Zodiak Harian Jumat 24 September 2021, Aries Menahan Rindu Scorpio Jauhi Mantan

Tetapi Sebenarnya dengan melakukan aktivitas fisik atau berolahraga akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen dan juga meningkatkan aliran darah.  Perubahan kedua ini akan sangat membantu otak untuk bekerja lebih baik. 

Ada beberapa olahraga ringan untuk atasi stres yang bisa dicoba. Dilansir dari everydayhealth.com, berikut adalah olahraga ringan untuk atasi stres yang akan membantu membersihkan pikiran.

  1. Yoga

Olahraga untuk redakan stres yang pertama adalah yoga.  Yoga adalah latihan pereda stres yang sangat baik, karena gerakannya yang melibatkan pose bergerak dan diam, atau postur tubuh, dan gabungan dengan pernapasan dalam.

Dengan latihan pikiran-tubuh, yoga dapat memberikan respons relaksasi tubuh dan membawa Anda pada keseimbangan yang sehat.

  1. Tai Chi

Olahraga untuk redakan stres yang kedua adalah tai chi. Seperti yoga, tai chi adalah perangkat tubuh dan teknik pernapasan. Meskipun gerakan ini berakar pada seni bela diri, gerakan ini untuk menenangkan pikiran dan mengondisikan tubuh.

Hal ini membuat tai chi menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan stres. Menurut penelitian terbaru, latihan pikiran-tubuh ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca juga: Ikatan Cinta Hari Ini, Menegangkan, Aldebaran Tangkap Satpam Penghianat di Rumahnya

Baca juga: Pesona Air Terjun Pengantin, Curug Sewu di Bandung Berbalut Mistis dan Misteri

Selain itu, tai chi juga dapat membantu membangun kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah, meningkatkan sistem kekebalan, dan bahkan meringankan gejala kondisi seperti gagal jantung, artritis, dan fibromyalgia. Keuntungan lainnya adalah begitu Anda mempelajari gerakan tai chi, Anda dapat mempraktikkannya di mana saja dan kapan saja.

  1. Pilates

Olahraga untuk redakan stres yang ketiga yaitu pilates. Pilates merupakan gerakan terkontrol dan latihan matras yang dinamai menurut penciptanya, Joseph Pilates. Olahraga ini dirancang untuk membangun kekuatan, kelenturan, dan daya tahan, yang semuanya menjadikan latihan Pilates sebagai latihan anaerobik, bukan aerobik.

Olahraga ini juga menjadi stres yang hebat. Pilates dapat mengencangkan tubuh, yang mendukung membantu Anda terlihat lebih baik dan merasa lebih baik. 

  1. Berjalan

Olahraga untuk redakan stres yang keempat yaitu dengan berjalan. Sering berjalan kaki dapat mengurangi timbulnya banyak kondisi terkait stres, termasuk penyakit kardiovaskular, tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta diabetes tipe 2. Orang yang suka berjalan kaki secara teratur juga melaporkan penurunan stres dan kepercayaan diri yang muncul karena mengambil peran dalam kesejahteraan mereka.

Anda cukup melakukannya selama 10 menit dalam seminggu. Setelah dua atau tiga minggu, secara bertahap tingkatkan frekuensi dan durasi jalan kaki. Jalan kaki lima atau enam kali selama 30 menit seminggu biasanya menangani kesehatan dan manajemen stres.

Baca juga: Ikatan Cinta Hari Ini, Menegangkan, Aldebaran Tangkap Satpam Penghianat di Rumahnya

Baca juga: Pesona Air Terjun Pengantin, Curug Sewu di Bandung Berbalut Mistis dan Misteri

Untuk menurunkan berat badan, Anda harus melakukan perjalanan lebih lama saat punya waktu, misalnya, 90 menit pada hari Minggu atau dengan mengambil rute berbukit serta meningkatkan kecepatan.

  1. Menari

Olahraga untuk redakan stres yang terakhir adalah dengan menari.  Menari memiliki banyak manfaat fisik, mental dan bahkan emosional.  Ini merupakan latihan yang bagus untuk kelincahan tubuh karena dapat meningkatkan detak jantung.  Para peneliti juga telah menemukan bahwa orang yang berdansa ballroom dua kali seminggu, memiliki risiko lebih rendah terkena demensia.

Menari juga akan menumbuhkan rasa kebersamaan dan hubungan dengan orang lain, sehingga ikut membantu dalam menurunkan tingkat stres dan meningkatkan kebahagiaan. Anda dapat belajar jenis tarian apa saja sebagai obat untuk turunkan stres. 


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait