Keren, Google Lens Hadir di Chrome Desktop Sebagai Mesin Pencari Visi Komputer

Pendidikan —Senin, 4 Oct 2021 14:18
    Bagikan  
Keren, Google Lens Hadir di Chrome Desktop Sebagai Mesin Pencari Visi Komputer
Keren, Google Lens Hadir di Chrome Desktop Sebagai Mesin Pencari Visi Komputer/pinterest

DEPOST

 Google Lens, mesin pencari visi komputer Google, akan hadir di Chrome desktop. Google tidak secara tepat membagikan timeline, tetapi tweet penggoda menunjukkan seperti apa fitur itu nantinya.

Di Chrome desktop akan segera dapat mengeklik kanan gambar dan memilih "Telusuri dengan Google Lens", yang akan meredupkan halaman dan memunculkan alat kliping sehingga dapat memasukkan gambar tertentu ke AI foto Google. Setelah bolak-balik ke Internet, bilah sisi akan muncul yang menampilkan beberapa hasil.

Sementara pencarian gambar Google.com hanya mencoba menemukan gambar serupa, Lens sebenarnya dapat mengidentifikasi hal-hal dalam gambar, seperti orang, teks, persamaan matematika, hewan, tengara, produk, dan banyak lagi. Itu dapat menerjemahkan teks melalui kamera dan bahkan menyalin teks dari dunia nyata (dengan OCR) dan menempelkannya ke dalam aplikasi.

Baca juga: Casing Boleh Tua, Dalamnya Muda Banget, Kesan Anak Muda Papua pada Pemimpin Keren Ganjar Pranowo

Baca juga: Panorama Pantai Watu Bale di Desa Pasir Kebumen, Jejak Tapak dan Kapal Titanic yang Eksotis

Fitur ini telah ada di Android dan iOS untuk sementara waktu, pertama sebagai pencarian berbasis kamera yang menampilkan jendela bidik langsung, kemudian di Google Foto, dan baru-baru ini sebagai opsi tekan lama untuk gambar web di Chrome untuk Android.

Google Lens juga menjadi sedikit lebih pintar. Sebuah fitur baru akan datang ke layanan yang memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan lanjutan untuk pencarian gambar. Google memiliki dua demo di sini yang sangat mengesankan. Seseorang memiliki pengguna memindai gambar kemeja dan meminta "kaus kaki dengan pola ini" sebelum Google menampilkan kecocokan.

Akan sangat tidak mungkin untuk mencari pola pakaian tertentu sebaliknya. Anda dapat mengetikkan deskriptor seperti "pola bunga", tetapi itu akan memberi Anda pola serupa yang harus Anda gulir, bukan pola yang sama.

Baca juga: Resep Kue Buah Mini Thailand atau Kue Look Choob, Jajanan Cantik Menggoda Lidah

Baca juga: Begini Penampakan Kapal Tongkang yang Kandas di Perairan Pantai Bojonsalawe

Contoh lain adalah kasus penggunaan yang sangat bagus untuk pencarian penglihatan: menemukan sesuatu yang tidak Anda ketahui namanya. Dalam contoh, pengguna memiliki sepeda yang rusak dan perlu memperbaiki sesuatu dengan cogset belakang.

Namun, mereka tidak tahu apa nama benda pengubah gigi belakang, jadi mereka hanya memotretnya dan bertanya kepada Google. Rupanya, ini adalah "derailleur", dan dari sana pengguna mengetik "cara memperbaikinya", dan Google menemukan petunjuknya.

Pada dasarnya, Lens mendapatkan kemampuan untuk mencari gambar dan teks secara bersamaan. Keduanya adalah contoh yang mengesankan, tetapi mereka adalah demo kalengan, jadi sulit untuk mengetahui seberapa baik semua ini akan bekerja. Google mengatakan fitur itu akan tiba "dalam beberapa bulan mendatang."

Baca juga: Panorama Pantai Watu Bale di Desa Pasir Kebumen, Jejak Tapak dan Kapal Titanic yang Eksotis

Baca juga: Wisata Tumpeng Menoreh Magelang, Nikmati Keindahan Puncak Kukusan yang Memukau


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait