Gim Produktif Petualangan Sima Sampai Thailand

Pendidikan —Jumat, 8 Oct 2021 10:32
    Bagikan  
Gim Produktif Petualangan Sima Sampai Thailand
Gim Produktif Petualangan Sima Sampai Thailand/ BBJT

DEPOST.ID

Produk kebahasaan dan kesastraan berbasis teknologi informasi yang dikembangkan oleh Duta Bahasa Jawa Tengah sukses menembus masyarakat internasional. Produk gim edukatif yang diberi nama "Petualangan Sima" tersebut disosialisasikan dan diujicobakan di Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) Bangkok, Thailand, pada Kamis (7/10/2021). Sosialisasi dan uji coba gim Petualangan Sima ini dilaksanakam secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.

Kepala Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), Susianto, M.Si., sangat mendukung kegiatan tersebut karena bermanfaat bagi anak didiknya. Dia setuju bahwa bahasa Indonesia merupakan fondasi dasar yang harus diperhatikan.

Baca juga: Delicious Snack Recipes, How to Make Savory and Crispy Home-style Union Rings

Baca juga: Asal-usul Kota Surabaya, Dongeng Pertengkaran Sura dan Baya

“Meskipun SIB berada di luar negeri, kami akan terus memberikan pelajaran bahasa Indonesia. Kami akan berupaya terus mengutamakan bahasa persatuan bagi bangsa Indonesia ini,” katanya.

Susanto menyatakan bahwa pihaknya sangat mendukung kegiatan anak-anak muda dalam memartabatkan bahasa Indonesia. “Kita harus bersama-sama dapat mengutamakan bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan tidak lupa menguasai bahasa asing karena saat ini kita tergabung dalam masyarakat internasional," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah, Dr. Ganjar Harimansyah, yang hadir dalam acara itu sangat berterima kasih kepada SILN Bangkok (SIB) karena mau memberikan kesempatan kepada Duta Bahasa Jawa Tengah untuk menyosialisasikan gim Petualangan Sima. Gim ini merupakan produk krida bahasa untuk dibawa ke ajang Duta Bahasa Nasional 2021.

Baca juga: Wisata Jodipan di Malang, Kampung Pelangi Bak Korea Selatan

Baca juga: Deretan Toko di Ciamis Ludes Dilahap Si Jago Merah, Menelan Korban Tewas dan Luka-luka

"Gim Petualangan Sima ini gim edukatif untuk memadankan istilah-istilah asing ke dalam kata bahasa Indonesia. Gim tersebut diharapkan dapat meminimalisasi maraknya penggunaan istilah asing oleh generasi muda.," jelas Ganjar.

Petualangan Sima, kata Ganjar, juga menyediakan gim laras bahasa Jawa dengan tujuan lebih mengenalkan bahasa Jawa di kalangan anak muda. Sejumlah produk lain yang dikembangkan oleh Duta Bahasa Jawa Tengah juga dapat diakses dalam fitur gim Petualangan Sima. Produk-produk tersebut, di antaranya, Si Kromo dan Sisaba, serta produk Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, yakni Senarai Padanan Asing Indonesia (SPAI).

Sebelum disosialisasikan dan diujicobakan di SIB Thailand, gim Petualangan Sima sudah dirilis bersama dengan kegiatan Safari Reksa Bahasa di tiga kota di Jawa Tengah, yakni Jepara, Kudus, dan Salatiga. Meskipun sudah dirilis, gim ini masih terus dikembangkan dan disempurnakan agar benar-benar tepat guna dan bermanfaat bagi semua orang.

Baca juga: Wisata Jodipan di Malang, Kampung Pelangi Bak Korea Selatan

Baca juga: Deretan Toko di Ciamis Ludes Dilahap Si Jago Merah, Menelan Korban Tewas dan Luka-luka

Acara tersebut diisi dengan pemaparan Gim Petualangan Sima yang diinisiasi oleh Asyif Awaludin Romadhoni dan Zalfaa Azalia Pursita. Pasangan tersebut merupakan Pemenang 1 Duta Bahasa Jawa Tengah 2021 yang akan mewakili Jawa Tengah di ajang Duta Bahasa Nasional 2021 pada 14--19 Oktober mendatang.

 


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait