Snap, TikTok, dan YouTube Perlu Berbuat Lebih Banyak untuk Melindungi Anak-anak

Pendidikan —Rabu, 27 Oct 2021 14:33
    Bagikan  
Snap, TikTok, dan YouTube Perlu Berbuat Lebih Banyak untuk Melindungi Anak-anak
Konten snap Instagram, tiktok, dan Youtube | Pinterest

DEPOST- Komite Perdagangan Senat baru saja menyelesaikan sidang tiga jam lagi tentang efek media sosial pada anak-anak dan remaja. Tetapi sidang terbaru berbeda dari yang sebelumnya dalam hal yang penting: itu menampilkan perwakilan dari TikTok, Youtube dan Snap.

Meskipun ketiga aplikasi tersebut adalah beberapa aplikasi paling populer di kalangan remaja dan pengguna yang lebih muda, ketiganya kurang mendapat perhatian dari anggota parlemen daripada Facebook dan bahkan Twitter.

Ini adalah pertama kalinya TikTok dan Snap muncul di audiensi seperti itu. Ketiga perusahaan mencoba untuk menghindari kritik dengan menarik perbedaan antara platform mereka dan Facebook, yang baru-baru ini menarik perbandingan dengan perusahaan tembakau. Dan setiap perusahaan menjanjikan fitur baru untuk meningkatkan kontrol orang tua dan perlindungan anak lainnya di layanan mereka.

Baca juga: Microsoft Memamerkan Kampanye Halo Infinite Untuk Pertama Kalinya Dalam Lebih dari Setahun

Wakil Presiden YouTube Leslie Miller mengatakan perusahaan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan orang tua untuk "memilih pengaturan putar otomatis default yang terkunci" di aplikasi YouTube Kids, di samping kontrol orang tua baru lainnya. Dia tidak memberikan detail lebih lanjut, tetapi mengatakan itu akan diluncurkan "dalam beberapa bulan mendatang."

Snap juga mengatakan sedang mengerjakan fitur-fitur baru untuk orang tua, dengan Jennifer Stout, VP Kebijakan Publik Global perusahaan, mengatakan bahwa fitur-fitur itu akan "segera diluncurkan." Dia mengatakan pembaruan akan memungkinkan orang tua untuk melihat informasi tentang bagaimana anak-anak mereka menggunakan Snapchat, seperti dengan siapa mereka menghabiskan sebagian besar waktu mengobrol dan apa pengaturan privasi dan lokasi mereka.

TikTok mengatakan akan menambahkan kontrol tambahan untuk memungkinkan orang tua dan anak-anak menyesuaikan umpan mereka dengan lebih baik, tetapi tidak terlalu spesifik. “Kami berinvestasi dalam cara baru bagi komunitas kami untuk menikmati konten berdasarkan kesesuaian usia atau kenyamanan keluarga,” kata Michael Beckerman, VP Kebijakan Publik perusahaan, “Kami mengembangkan lebih banyak fitur yang memberdayakan orang untuk membentuk dan menyesuaikan pengalaman mereka. di aplikasi.”

Baca juga: PayPal Berencana Akan Membeli Pinterest

Tetapi para senator Komite Perdagangan tampaknya tidak terkesan dengan janji-janji ini. Sepanjang persidangan, mereka mendorong perusahaan pada masalah seperti konten yang didorong secara algoritmik tentang gangguan makan dan menyakiti diri sendiri di YouTube dan TikTok. Snap's Stout didorong oleh apa yang dilakukan perusahaan untuk menghentikan pengedar narkoba di platformnya.

Beberapa senator Republik juga mendorong Beckerman tentang hubungan TikTok dengan perusahaan induk China ByteDance, dan bagaimana ia menangani data pengguna AS. Dalam satu percakapan yang sangat berkesan, Senator Ted Cruz mengatakan Beckerman menghindari pertanyaan tentang afiliasi TikTok dengan perusahaan bernama Beijing ByteDance Technology, yang dilaporkan memiliki hubungan dengan pemerintah China.

Beckerman juga menangkis pertanyaan tentang data apa yang dikumpulkan TikTok dengan mengatakan Facebook dan Instagram mengumpulkan lebih banyak data tentang pengguna daripada yang dilakukan TikTok.

Baca juga: Facebook Dilaporkan Mengubah Namanya

Meskipun Facebook tidak secara resmi menjadi bagian dari persidangan, pengungkapan dari pelapor Frances Haugen dirujuk beberapa kali. Senator Richard Blumenthal, yang pada sidang sebelumnya mengatakan Facebook dan perusahaan lain sedang menghadapi "momen tembakau besar," mengatakan bahwa "teknologi tidak dapat ditebus buruk seperti tembakau besar."

Tetapi dia mengatakan bahwa perusahaan perlu melakukan lebih dari sekadar membuktikan bahwa mereka "berbeda" dari Facebook. “Saya mengerti dari kesaksian Anda bahwa pembelaan Anda adalah ‘kami bukan Facebook,'” katanya. “Berbeda dari Facebook bukanlah pertahanan. Bar itu ada di selokan. Bukan pembelaan untuk mengatakan bahwa Anda berbeda.” -23

Baca juga: Google Stadia Akan Membiarkan Gamer Kasual Menggunakan Ponselnya sebagai Pengontrol

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait