Beberapa Upacara Adat di Bali

Pendidikan —Rabu, 17 Nov 2021 11:27
    Bagikan  
Beberapa Upacara Adat di Bali
Upacara Adat Bali./pinterest

YUKBALI


Bali mempunyai potensi budaya dan wisata. Maka bali di sebut dengan pulau Dewata, yang tidak pernah sepi dari para wisatawan. Melihat sisi lain pulau bali, adanya budaya dan upacara upacara adat. Yuk simak di bawah ini ada beberapa upacara adat bali yang bisa kalian tau.


1. Upacara Ngaben


Upacara Ngaben ini merupakan upacara pembakaran jenazah di bali yang di lakukan untuk penyempurnaan jenazah. Upacara ngaben ini memiliki dua jenis yaitu, Ngaben Sawa Wedana, Ngaben Asti Wedana, dan Swasta. Untuk kalian parawisatawan upacara ini tidak akan selalu di laksanakan ataupun di jumpai.

Hal ini di karnakan beberapa faktor, salah satunya yaitu faktor ekonomi, karena untuk melakukan acara ini cukup banyak mengeluarkan biaya, karena itu tidak semua penduduk atau warga bali bisa melaksanakan upacara ngaben ini untuk keluarga yang meninggal dunia. Pelaksanaan upacara ngaben ini berlangsung selama 3-7 hari, dan ada juga yang hingga sebulan lamanya, jenazah nya pun hingga di awetkan sampai dilakukan nya pembakaran jenazah.

Baca juga: Resep Makanan Bola-bola Sehat Lezat Menambah Nafsu Makan

Baca juga: Wali Kota Minta Seluruh OPD Bantu UMKM

2. Upacara Melasti


Upacara Melasti merupakan upacara besar, yang selalu rutin di lakukan setiap tahunnya. Upacara ini di lakukan tiga hari menjelang perayaan nyepi. Yang di maksud upacara ini adalah penyucian diri bagi penduduk hindu bali. Mereka yang melaksanakan upacara melasti mendatangi beberapa sumber air sakral seperti danau, mata air, hingga laut yang di percayai menyimpan mata air keabadian atau Amerta.


3. Upacara Saraswati


Upacara ini adalah untuk merayakan ilmu pengetahuan, di lakukan untuk memuja atau mengagungkan dewa saraswati yang di percayai membawa ilmu pengetahuan di bumi hingga membuat semua orang di dunia menjadi pintar. Upacara ini berbungan dengan buku dan kitab akan di doakan. Acara ini pun berisi pentas seni atau pertunjukan seperti tarian, pembaca cerita, dan malam sastra selama malam suntuk./AS

Baca juga: Beberapa Mitos Larangan yang ada di Negara Luar

Baca juga: Kapolda Jabar Minta Kasus Comara tak Terulang


Editor: Amel
    Bagikan  

Berita Terkait