Kenapa Hari Ibu Jatuh Pada 22 Desember?

Pendidikan —Rabu, 22 Dec 2021 14:21
    Bagikan  
Kenapa Hari Ibu Jatuh Pada 22 Desember?
pngtree

DEPOST.ID- Di Indonesia, hari ibu secara nasional dirayakan pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini sudah diresmikan oleh Presiden Soekarno dibawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 Tanggal 16 Desember 1959. Tanggal ini diresmikan pada ulang tahun ke a25 Kongres Perempuan Indonesia 1928.

Tanggal ini dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara. Namun, saat ini arti dari hari Ibu sudah banyak berubah, dimana hari ini diperingati untuk menyatakan rasa cinta untuk para Ibu. Orang-orang di hari Ibu akan saling bertukar hadiah dan memngadakan berbagai acara komepetisi seperti memasak dan memakai kebaya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, 22 Desember 1928. Kongres ini diakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran. Yang saat ini sudah berubah menjadi Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta.

Baca juga: Dampak Menonton Film Horror Pada Kesehatan Mental

Kongres Perempuan I dilatarbelakangi untuk menyamakan pandangan untuk perempudan dan untuk mengubah nasib para perempuan di Indonesia.

Saat itu, organisasi perempuan dari berbagai daerah berkumpul, berdiskusi, bertukar pikiran dan menyatukan gagasannya di Dalem Jayadipuran.

 Kongres Perempuan I ingin membangun kesadaran untuk kaum perempuan Indonesia agar bisa memperjuangkan hak-haknua.

Kongres ini dihadiri oleh 600 orang dari 30 organisasi yang kemudian menyatukan di antara perempuan semakin kuat dan bergabung dalam organisasi yang lebih besar.

Presiden Soekarno memberikan dukungan untuk Kongres Perempuan III melaluki keputusan Presiden. Dan, Hari Ibu pada tanggal 22 Desember akhirnya resmi menjadi Hari Ibu Nasional. –zz-

Baca juga: Indah Banget! Ini 4 Wisata di Mandalika yang Wajib Kamu Kunjungi

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait