Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia 2022 Qatar

Sepak Bola —Minggu, 27 Mar 2022 09:36
    Bagikan  
Daftar Tim yang Lolos Piala Dunia 2022 Qatar
Tim yang sudah lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar.* (FOTO: Instagram @fifaworldcup)


DEPOSTID,- Piala Dunia merupakan ajang yang paling tertinggi di dunia sepakbola, turnamen ini diikuti oleh seluruh negara di dunia. Piala Dunia FIFA ke-22 kali ini akan berlangsung di Qatar, sekaligus  menjadi kali pertama bagi Qatar menyelenggarakan ajang empat tahunan ini. Piala Dunia Qatar 2022 dimulai pada 21 November hingga 18 Desember 2022.  Ada 32 peserta dari berbagai zona.

FIFA sudah menentukan jatah tiap zona konfederasi.  Untuk Asia (AFC) : 4 (5 negara tergantung playoff), Afrika (CAF) : 5, Amerika Tengah dan Utara (Concacaf) : 4 (5 negara tegantung playoff), Amerika Latin (Conmebol) : 4 (5 negara tergantung playoff), Oseania (OFC) : 0 (bisa mengirimkan 1 negara jika lolos playoff), Eropa : 13 dan tuan rumah : 1 slot.

Pekan ini merupakan jeda Internasional, jadi pertandingan liga-liga besar berhenti dan para pemainnya fokus untuk membela negaranya masing-masing.

Dari Zona Eropa ada babak kedua kualifikasi dan akan ada laga semifinal playoff yang melibatkan Timnas Italia dan Portugal yang masih berjuang untuk mendapatkan tiket lolos.  Masih ada dari zona Amerika Latin dan Zona Asia.

Kemudian Liga Eropa seperti, Liga Inggris, Bundesliga, Serie A dan La Liga serentak akan memulai kembali pertandingannya pada Sabtu (02/04/2022).

Baca juga: Meski Kalah, Bali United Raih Juara BRI Liga 1, Congrats Serdadu Tridatu !

Arab Saudi dan Jepang Jadi Wakil Asia Terakhir yang Lolos

Arab Saudi dan Jepang menjadi wakil Asia selanjutnya yang berhasil memiliki tiket ke Piala Dunia Qatar setelah Iran dan Korea Selatan yang telah memastikan lolos terlebih dahulu.

Kenapa Arab Saudi dan Jepang sudah dinyatakan Lolos? Babak kualifikasi piala dunia di Zona Asia babak ketiga dibagi menjadi 2 grup, yaitu grup A dan Grup B. Grup A diisi oleh, Korea Selatan, Iran, United Arab Emirates, Iraq, Lebanon dan Syiria.  Grup B diisi oleh, Jepang, Saudi Arabia, Australia, Oman, China dan Vietnam.

Korea Selatan dan Iran sudah dinyatakan lolos karena poin mereka sudah tidak bisa dikejar oleh posisi ketiga. Korea Selatan mengoleksi 23 poin dan Iran 22 poin dari 9 pertandingan, meskipun menyisakan 1 pertandingan tapi poin kedua negara itu sudah tidak bisa disusul oleh negara yang berada di peringkat ketiga (Uni Arab Emirates) yang memiliki 9 poin.

Untuk Jepang dan Arab Saudi, Laga Jepang vs Australia yang menjadi penentunya. Sebelum laga itu, Jepang mengoleksi 18 poin, Arab Saudi 19 poin dan Australia 15 poin. Laga Jepang vs Australia berhasil dimenangkan oleh Tim Negeri Sakura dengan skor 2-0 oleh dua gol Kaoru Mitoma menit 89 dan 90+4.

Sementara Saudi Arabia vs China berakhir imbang 1-1. Setelah pertandingan itu, maka Jepang mengoleksi 21 poin, Arab Saudi 20 poin dan Australia 15 poin.

Baca juga: Congratulations BTS!

Babak kualifikasi ini tinggal menyisakan 1 pertandingan saja yang membuat Australia sudah tidak mungkin untuk mengejar poin kedua negara diatasnya.

Slot untuk Zona Asia ada 5 negara.  Slot Asia sudah terpenuhi yaitu, Korea Selatan, Iran, Jepang, Arab Saudi dan Qatar.  Qatar merupakan tuan rumah yang otomatis lolos.

Masih ada peluang satu tiket untuk diperebutkan untuk Zona Asia, yang berada di peringkat tiga klasemen akan bertemu kandang dan tandang. Kemudian pemenang peringkat ketiga itu akan melawan tim di babak playoff antar konfederasi.

Daftar 17 negara yang sudah lolos dari 32 negara : Qatar, Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Jerman, Denmark, Belgia, Perancis, Kroasia, Spanyol, Serbia, Swiss, Inggris, Belanda, Argentina, dan Brazil.* (RENALDI)

Baca juga: J-Hope Positif, Cepat Sembuh!

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait