Makanan Jogja Tidak Selalu Manis, Berikut Deretan Kuliner Pedas Menyambar Lidah

Wisata —Jumat, 19 Aug 2022 16:48
    Bagikan  
Makanan Jogja Tidak Selalu Manis, Berikut Deretan Kuliner Pedas Menyambar Lidah
Sate Petir Pak Nano.*(FOTO Instagram @javafoodie)

DEPOST,- Kuliner khas Jogja biasanya terkenal dengan rasanya yang manis.  Salah satu yang terkenal adalah gudeg, yang memang bercitarasa manis.  Tidak heran kalau jogja dikenal juga dengan kota gudeg.

Kali ini kita akan melihat sisi merah dari Jogja. Sisi merah disini bukan hal yang berbau-bau gaib, melainkan dari makanannya yang memiliki cita rasa pedas yang bisa menyambar lidah.

Sate Petir Pak Nano

Dari namanya saja pasti sudah bisa menyambar bukan? Sate Petir Pak Nano ini memiliki tampilan yang merah merona.  Terlihat tumpukan cabai yang disajikan dengan sate yang telah dibakar. Untuk kepedasannya sendiri , warung ini memiliki tingkatan pedas yang unik yakni menggunakan tingkatan jenjang pendidikan dari mulai TK sampai dengan Profesor.  Sangat untuk sekali bukan?  Kalau mau pesan tinggal bilang 'Mas Sate Professor' satu sepertinya begitu ya.  Tempat makan dengan sensasi menyambar lidah yang pertama ini berada di Jalan Jogja Ring Road Sel. No.90, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Buka setiap hari dari pukul 12.00-18.30 WIB.

Gudeg Mercon Bu Tinah

Gudeg ini memiliki sejarah manis dengan inovasi mengikuti perkembangan jaman.  Kini memiliki cita rasa pedas dengan tambahan cabai oleh Bu Tinah.  Namanya Gudeg Mercon Bu Tinah.

Siapa sangka inovasinya ini cukup diminati juga oleh kalangan masyarakat. Sensasinya bukan hanya menyambar, tapi bisa meledakan mulut.  Bahkan para pelanggan rela mengantri untuk mencoba gudeg merconnya. Rasa pedas dari gudeg mercon ini berasal dari sambal kreceknya yang memiliki ranjau cabai super pedas hingga meledak di mulut.

Bagi yang memiliki hasrat yang kuat di bidang makanan pedas, bisa langsung meluncur ke Jalan Asem Gede, dekat Pasar Kranggan, Jeti, Yogyakarta.  Mulai buka pukul 21.30 WIB.  Jika tidak mau mengantri lama, usahakan datang satu jam lebih awal.  Urusan harga, persiapkan kocek Rp 15 ribu -an untuk bisa menikmati satu porsi gudeg mercon ini.

Entok Slenget Kang Tanir

Entok adalah binatang sejenis dengan itik.  Entok ini memiliki rasa yang menyambar lidah setelah menjadi tongseng di Warung Entok Slenget Kang Tanir. Tongsengnya ini memiliki tampilan mirip semur dengan kuah keruh kental.  Cita rasanya pedas mengigit lidah. Harga satu porsi makanan ini Rp 20 ribu dengan jam buka dari pukul 16.30 WIB sampai habis.

Saat musim liburan bisa habis di pukul 7 malam.  Bagi yang ingin mencicip, bagaimana rasa slengetan pedas ini bisa datang ke Pules Lor, Donokerto, Kecamatan Sleman, DI Yogyakarta.

Hati-hati lidah "tersambar" saat mencicipinya, jangan lupa persiapkan air minum!* (RENALDI)

 

 

 

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait