Berkunjung ke Pangandaran? Jangan Lewatkan Spot Foto Tugu Ikan Marlin

Wisata —Sabtu, 27 Aug 2022 13:27
    Bagikan  
Berkunjung ke Pangandaran? Jangan Lewatkan Spot Foto Tugu Ikan Marlin
Tugu Ikan Blue Marlin, Pangandaran.*(FOTO: Instagaram @muzichavez)

DEPOST,- Tiap-tiap daerah di Tanah Air memiliki ikon khasnya masing-masing, yang menjadi identitas daerah tersebut. Di Jakarta ada Monas dan sementara di Pangandaran memiliki tugu atau ikon berupa Ikan marlin dan berada di dua lokasi.  Yang pertama di depan Kantor Kecamatan Cijulang.  Dan yang paling sering dijumpai adalah di depan Masjid Besar Al-Istiqomah Pangandaran atau tengah-tengah jalur.

Sebenarnya kenapa Ikan Blue Marlin dipilih menjadi ikonnya? Ada makna yang terkandung kenapa memutuskan untuk ikan ini yang dipilih.  Ikan berjenis Blue Marlin memiliki karakter yang lincah, senang melompat ke udara, atraktif serta mandiri di habitat aslinya. Kelincahan ini menggambarkan tujuan awal Kabupaten Pangandaran dengan usia yang masih terbilang muda, tetapi bisa bersaing dengan kab/kota lainnya di Jawa Barat.

Baca juga: Jangan Terlewatkan! Macan Kemayoran Lawan Singo Edan

Seperti yang sudah diketahui bersama kalau Kabupaten Pangandaran memutuskan berpisah dengan Kabupaten Ciamis pada tahun 2012.  Jadi merupakan daerah yang masih muda atau baru di Tanah Air.

Lalu Pangandaran juga memiliki semboyan “Jaya Karsa Makarya Praja”.  Jaya memiliki arti kemenangan atau unggulan.  Karsa adalah ide atau daya cipta yang selalu unggul dan sukses dalam pembangunan.  Makarya adalah mendirikan, membangun, mengerjakan pekerjaan dengan hasil yang sangat indah dan megah.  Praja adalah bahwa pembangunan Kabupaten Pangandaran ini lahir dari ide – ide dan aspirasi dari masyarakat Pangandaran itu sendiri. Jika disimpulkan berarti “Unggul dalam pemikiran demi menciptakan pemerintahan yang kuat”.

Pangandaran sendiri dikenal sebagai kota nelayan yang memang daerahnya berada dekat dengan lautan jadi mayoritas penduduknya berprofesi sebagai nelayan, jadi tidak heran kalau ikan menjadi ikon di kotanya.

Ikon ikan Blue Marlin ini juga menjadi spot foto yang menarik bagi para turis lokal untuk berfoto untuk kenangan pribadi.* (RENALDI)

Baca juga: Tempat Healing yang Menyejukkan di Kota Malang, Cek Lokasinya

 

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait