Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Lokal yang Mirip dengan Luar Negeri

Wisata —Senin, 5 Sep 2022 16:00
    Bagikan  
Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Lokal yang Mirip dengan Luar Negeri

Wajib Dikunjungi, 5 Wisata Lokal yang Mirip dengan Luar Negeri

 

Sumber: unsplash.com/@eugeniaclara

 

Setelah kurang lebih 2 tahun tidak bisa jalan-jalan, tentu saja membuat hasrat untuk berwisata semakin meningkat. Terlebih lagi di Indonesia yang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan negara lain.

Karena sekarang sudah memungkinkan kembali untuk melakukan perjalanan, ada baiknya kalian segera menyiapkan rencana liburan. Walaupun peraturan sudah melonggar, kamu tetap harus selalu mengenakan masker mulut, mengikuti protokol kesehatan dan mengurus syarat perjalanan.

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Indonesia, ada beberapa tempat yang ternyata memiliki kemiripan dari suasana ataupun bentuknya dengan tempat wisata yang ada di negara lain jadi tidak perlu jauh-jauh berwisata ke luar negeri. Berikut ini adalah daftar tempat wisata tersebut.

1.      Candi Prambanan, Yogyakarta

Situs peninggalan bercorak Hindu satu ini kerap disandingkan dengan Angkor Wat yang berada di Kamboja. Bahkan ada beberapa dugaan yang mengatakan bahwa kedua kompleks candi tersebut memiliki hubungan. Walaupun, dalam sejarah belum ada yang dapat menemukan bukti dari hubungan tersebut.

Berlokasi di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah, Candi Prambanan sendiri sudah cukup terkenal bagi warga Indonesia. Hal itu dikarenakan legenda Roro Jonggrang yang menceritakan tentang asal-usul dari candi tersebut. Selain dari kepopuleran cerita tersebut, Prambanan juga menyajikan pemandangan yang megah dan penuh dengan nilai sejarah sehingga mengundang rasa ketertarikan bagi para wisatawan lokal ataupun mancanegara untuk mengunjunginya.

2.      Brown Canyon, Semarang

Disebut sebagai miniatur dari Grand Canyon yang berada di Arizona, Amerika Serikat, Brown Canyon adalah salah satu tempat alternatif wisata yang berada di Semarang. Tempat ini dulunya adalah lokasi penambangan yang saat ini sudah tidak terlalu aktif  digunakan.

Pemandangan yang disuguhkan memang tidak semegah Grand Canyon di Amerika. Namun, dengan bentuk tebing dan tanah yang cukup unik dapat menjadikan tempat yang satu ini sebagai lokasi berburu foto yang unik.

Dengan lokasi tepatnya yang berada di Rowosari, Tembalang, para pengunjung dapat dengan mudah mengakses lokasi ini karena letaknya yang tidak jauh dari pusat Kota Semarang. Jika ingin mengunjungi tempat ini, sebaiknya untuk membawa sendiri perbekalan dan memang khusus untuk agenda fotografi. Selain masih banyak aktivitas menambang di sekitar lokasi, di sini juga tidak terdapat fasilitas apa pun karena memang belum secara resmi menjadi tempat wisata. Jadi, kamu harus ekstra hati-hati, ya.

3.      Nepal Van Java, Magelang

Terdapat sebuah dusun yang terletak di kaki Gunung Sumbing yang beberapa tahun belakang ini terkenal dengan sebutan Nepal Van Java. Hal itu disebabkan karena lokasi dusun yang berada di kawasan berbukit dan memiliki bangunan yang bertumpuk seperti pedesaan di Nepal.

Secara resmi dusun ini bernama Dusun Butuh yang berlokasi di Desa Temanggung, Kec. Kaliangkrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Tempat ini sebenarnya sudah cukup terkenal karena berfungsi sebagai pintu masuk rute pendakian Gunung Sumbing. Akan tetapi, saat ini bukan hanya para pendaki yang mengunjungi dusun ini, para wisatawan biasa yang sekedar ingin menikmati suasana juga sering berkunjung karena suguhan pemandangannya yang indah.

Baca juga: Ada Air Terjun di Pantai, Tempat Wisata Ini Wajib Bagi Pecinta Keindahan Alam

4.      Kampung Warna-Warni Jodipan, Malang

Dahulu tempat ini dianggap sebagai wilayah perkampungan kumuh, sampai akhirnya pada tahun 2016 ada sekelompok mahasiswa yang berinisiatif untuk membawa perubahan ke kampung ini. Saat ini Kampung Jodipan telah menjadi Kampung Wisata yang keren dengan cat rumah penduduknya yang penuh warna.

Dikenal dengan sebutan kampung warna-warni, ternyata kampung ini memiliki pesona yang tidak kalah keren dengan desa wisata penuh warna yang berada di negara lain, seperti Santa Marta Favela, Brazil dan Gamcheon Culture Village, Korea Selatan. Semenjak menjadi kampung wisata, perekonomian warga juga sedikit meningkat karena kedatangan wisatawan dari berbagai daerah.

Kampung ini berada di tengah Kota Malang yang tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 RT 9 RW 2, Jodipan, Kecamatan Blimbing. Kampung ini bisa menjadi tujuan destinasi wisata saat sedang berada di Malang. Tidak hanya untuk menikmati keindahan dan keunikan dari kampung tersebut, wisatawan juga bisa menikmati interaksi bersama warga kampung yang ramah dan menyenangkan untuk diajak bertukar pikiran.

5.      Danau Kelimutu, NTT

 

Sumber: unsplash.com/@pyburgi

 

Danau Kelimutu ini terkenal sebagai destinasi wisata lokal serta namanya sudah tersohor di dunia internasional karena keindahan dan keunikannya. Danau yang dikenal juga dengan sebutan danau tiga warna memang menjadi salah satu danau kawah vulkanik yang keindahannya dapat disandingkan dengan Danau Viti yang berada di Islandia.



Tidak hanya terkenal karena keindahannya, Danau Kelimutu juga sesuai dengan julukannya dengan tiga warna berbeda yang saling berdekatan. Pemandangan di sekitar danau juga tidak kalah indah karena lokasi danau yang terletak di atas Gunung Kelimutu.

Berlokasi di dalam kawasan Taman Nasional Kelimutu, para wisatawan dapat mengunjunginya dengan menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari Kota Ende. Setelah sampai di pintu masuk Taman Nasional Kelimutu, para pengunjung perlu berjalan sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi danau. Akan tetapi, jangan khawatir akan kelelahan karena begitu mencapai lokasi, semua rasa lelah akan terobati oleh pemandangan alam yang menakjubkan.

 

Itulah lokasi wisata di Indonesia yang ternyata tidak kalah indahnya dengan yang dimiliki oleh negara lain. Oleh karena itu, tidak perlu takut jika tidak pernah berwisata ke luar negeri karena di Indonesia sendiri memiliki banyak tempat wisata yang indah. Selamat berwisata!

Baca juga: Ada Air Terjun di Pantai, Tempat Wisata Ini Wajib Bagi Pecinta Keindahan Alam

Editor: Widya
    Bagikan  

Berita Terkait