Menikmati Pemandangan Wisata Kawah Ratu di Gunung Halimun Salak Sukabumi

Wisata —Rabu, 6 Oct 2021 13:42
    Bagikan  
Menikmati Pemandangan Wisata Kawah Ratu di Gunung Halimun Salak Sukabumi
Menikmati Pemandangan Wisata Kawah Ratu di Gunung Halimun Salak Sukabumi/pinterest

DEPOST

Sukabumi merupakan tempat wisata yang sejuk bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu liburan bersama keluarga, lokasinya yang terdapat gunung salak membuat wisata-wisata lain bermunculan dan menawarkan keindahan.

Salah satunya adalah Kawah Ratu, Kawah Ratu merupakan tempat wisata alam dengan fitur yang cukup lengkap. Di lokasi ini, anda dapat menikmati indahnya air terjun, area berkemah atau camping ground yang cukup luas, dan tentunya anda dapat menikmati pemandangan bekas letusan dahsyat Gunung Salak

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Kue Mochi Gulung Sederhana Cantik dan Lembut

Baca juga: Arti Ketupat Dalam Filosofi Jawa, Laku Papat Ngaku Lepat


Keindahan Kawah Ratu

Kawah Ratu merupakan bekas letusan Gunung Salak, yang terakhir kali terjadi pada tahun 1938. Dari letusan gunung ini terbentuk area kawah yang dinamai Kawah Ratu dengan luas sekitar 2 hektar, yang sampai saat ini masih mengeluarkan air dan uap panas serta gas belerang.

Kawah ini sudah sering dijadikan lokasi tujuan hiking atau pendakian, sebagai suatu fenomena alam yang menarik. Kawah Ratu dapat dicapai melalui perjalanan pendakian selama sekitar 1,5 jam (3,5 Km) dari kantor Resort Kawah Ratu di Cidahu.

Baca juga: Cerita Mistis Leled Samak, Hantu Air Mitos di Tanah Sunda

Baca juga: Drama Korea High Class Episode 9 Sub Indo, Permintaan Terakhir

Selain itu Kawah Ratu juga terdapat beberapa curug atau air terjun yang keren dan indah sayang untuk dilewatkan.
Kawah ratu memilki hutan yang cukup aman untuk berkemah dan berwisata, disana banyak tumbuhan-tumbuhan unik dan beberapa hewan seperti monyat.

Di Resort Kawah ratu, terdapat fasilitas area berkemah (camping ground) yang sangat luas. Area ini terbagi kedalam 3 (tiga) blok, yang dilengkapi dengan fasilitas MCK/toilet. Terdapat juga warung- warung yang menyediakan makanan berat dan ringan.

Ketiga blok ini terletak bersusun, mulai dari blok paling bawah sampai blok 3 di lokasi yang paling atas. Antar blok area berkemah, dihubungkan dengan sarana jalan beraspal yang cukup baik, dapat dilewati kendaraan roda dua maupun empat.

Baca juga: Cerita Mistis Leled Samak, Hantu Air Mitos di Tanah Sunda

Baca juga: Drama Korea High Class Episode 9 Sub Indo, Permintaan Terakhir

Lokasi dan Rute Jalan

Kawah Ratu merupakan salah satu Resort (RPTN) yang ada di SPTN Wilayah III Sukabumi, Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Lokasi ini adalah kaki Gunung Salak dari sisi lereng selatan Gunung Salak. Sedangkan secara administratif pemerintahan, lokasi wisata berbatasan dengan Desa Cidahu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi.
Dari kota jalur arah Sukabumi sampai di perempatan Cidahu, lalu belok kanan dan lurus sampai di lokasi wisata Kawah Ratu./RS


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait