Pesona Goa Gong Pacitan Perpaduan Stalaktif dan Stalakmit yang Menajubkan

Wisata —Jumat, 15 Oct 2021 07:41
    Bagikan  
Pesona Goa Gong Pacitan Perpaduan Stalaktif dan Stalakmit yang Menajubkan
Pesona Goa Gong Pacitan Perpaduan Stalaktif dan Stalakmit yang Menajubkan/pinterest

DEPOST

Pacitan adalah kota asal dari Presiden indonesia ke 6 Bapak Susilo Bambang Yudhoyono wajar saja karena pacitan merupakan kota kelahiran beliau namun di mata para pecinta alam, hal pertama yang akan terpikirkan adalah Gua.

Benar, karena Kota Pacitan juga terkenal dengan julukan kota 1001 gua, dan satu yang terkenal disini adalah tempat wisata Goa Gong Pacitan.

Pacitan merupakan wilayah di Jawa Timur yang dikelilingi oleh pegunungan kapur, yang menjadikan tanah di daerah ini kering dan tidak subur.
Tanah di permukaan Pacitan memang gersang dan memiliki sedikit unsur hara, namun anugerah Yang Maha Kuasa ternyata bukan terletak di atas permukaan, namun di bawah permukaan tanahnya.

Baca juga: Kampung Singkur Pangalengan,Bertamasya di Tepi sungai Kawasan Hutan Pinus

Baca juga: Realisasikan Program 10.000 Unit Pertashop, PT.PIL Bangun Cabang di Surabaya

Keindahan Goa Gong 

Keindahan Gua Gong tak tertandingi oleh gua-gua lain di Pulau Jawa, bahkan ada yang menyebutkan bahwa Gua Gong adalah Gua terindah di Asia Tenggara.

Gua Gong adalah gua bawah tanah yang mempesona berupa gua-gua kapur yang dihiasi stalaktit dan stalakmit dan paling terkenal keindahannya.

Memasuki goa Gong, anda akan disambut formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Dibantu penerangan yang cukup anda dapat masuk lebih dalam dan menyusuri lorong gua sepanjang 256 meter.

Di ujung lorong, anda akan menemukan alasan kenapa Gua Gong disebut sebagai gua terindah se-Asia Tenggara.
Sebuah ruangan yang membentuk kubah rakasa sepanjang 100 m, dengan lebar 15 hingga 40 meter dan tinggi antara 20-30 meter akan membuat anda berdecak kagum.

Baca juga: The ghost from Lombok, the Tuselak mystery that is starting to be forgotten

Baca juga: Polres Cirebon Kota, Musnahkan Ribuan Barang Bukti Miras Dan Narkotika

Stalaktit dan stalakmit dengan aneka bentuk dan ukuran menghiasi seluruh penjuru ruangan. Beberapa diantaranya bahkan diberi nama karena untuk mengabadikan keindahannya seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Citro Buwono, dan lain sebagainya.

Untuk menjelajahi seluruh lorong dan bagian dalam gua, anda memerlukan waktu sekitar 2 jam. Namun waktu yang cukup lama itu tidak akan terasa dan melelahkan karena anda akan terus merasa takjub akan keindahan yang disajikan Gua Gong.

Anda tak perlu khawatir ketika menjelajahi gua ini, karena pemerintah setempat telah menambah prasarana di dalam gua seperti tangga, pagar pengaman, penerangan dan kipas angin untuk memudahkan penelusuran (walau anda tetap harus berhati-hati).

Di dalam Gua Gong terdapat beberapa ruangan. Ruang-ruang tersebut yaitu Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu
Salah satu ruangan dalam gua pernah digunakan sebagai tempat konser musik yang disiarkan langsung di empat negara dalam rangka mempromosikan potensi Gua Gong.

Gimana menarik bukan untuk menjadi referensi destinasi wisata anda selanjutnya'.NN

Baca juga: The ghost from Lombok, the Tuselak mystery that is starting to be forgotten

Baca juga: Polres Cirebon Kota, Musnahkan Ribuan Barang Bukti Miras Dan Narkotika


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait