Destinasi Wisata Hits De Djawatan Benculuk Hutan Trembesi Bak di Negeri Dongeng di Banyuwangi

Wisata —Selasa, 26 Oct 2021 12:53
    Bagikan  
Destinasi Wisata Hits De Djawatan Benculuk Hutan Trembesi Bak di Negeri Dongeng di Banyuwangi
Destinasi Wisata Hits De Djawatan Benculuk Hutan Trembesi Bak di Negeri Dongeng di Banyuwangi/ pinterest

BANYUWANGI, DEPOST- Ada yang Spesial di Banyuwangi, Kota yang terkenal dengan legenda Sri Tanjung ini memiliki tempat wisata alam bak di negeri dongeng.

De Djawatan yang merupakan hutan pohon trembesi ini menjadi destinasi wisata alam yang akan membawamu ke suasana negeri dongeng yang memanjakan mata dan pikiran.

Sebelum terkenal sebagai obyek wisata seperti sekarang ini, masyarakat Benculuk lebih mengenal hutan ini sebagai Tapel Pelas. Selama puluhan tahun, bahkan sejak masa kolonial Belanda, Tapel Pelas dijadikan lokasi tempat penimbunan kayu (TPK) dan hasil hutan yang dikelola Perhutani.

Lingkungan hutan ini pun ditata ulang agar menarik untuk dikunjungi sekaligus sebagai pelepas penat, dengan tambahan ratusan meter jalan setapak beralas tanah, pemagaran pohon-pohon trembesi raksasa, dan tambahan fasilitas toilet dan musala.

Baca juga: Jose Mourinho ke Slaven Bilic, Lima Manajer yang Dipecat Usai Kalah dari Liverpool Asuhan Jurgen Klopp?

Baca juga: Food Recipes, Easy and Simple Italian Culinary Arancini

Di beberapa sudut disediakan pula bangku-bangku terbuat dari kayu jati. Agar pengunjung tak cepat lelah, pengelola menyediakan fasilitas delman. Pengelola juga menyediakan sudut-sudut cantik bagi para pengunjung untuk berfoto dengan latar pohon pohon trembesi raksasa.

Trembesi dikenal sebagai pohon hujan karena kemampuan besarnya dalam menyerap air sehingga menyebabkan dahannya begitu lembab dan menjadi rumah paling nyaman bagi tumbuhan epifit, seperti jenis paku-pakuan. Rumput-rumputan pun ikut tumbuh subur di sekitar trembesi.

Pohon asli Amerika Selatan ini dapat cepat tumbuh membesar dengan karakteristik khas, yaitu belasan dahan pohonnya meliuk-liuk melebar membentuk kanopi atau payung.

Menurut Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Selatan Panca Putra Sihite, pohon-pohon trembesi di De Djawatan jumlahnya ratusan batang, sepertiganya berusia 100-200 tahun.

Baca juga: Food Recipes, Easy and Simple Italian Culinary Arancini

Baca juga: Drama Korea Jirisan Episode 2 Sub Indo, Pemberi Tanda Sinyal

Untuk pesona de Djawatan jangan ditanya lagi, hutan dengan trembesi yang besar-besar akan memberikan nuansa bak di film Lord Of The Rings dengan hutan keren hijau bak pelindung dan penyangga langit.

Untuk bisa masuk ke wisata ini, kamu hanya akan dikenakan biaya Rp 5.000,- saja.

Obyek wisata ini jaraknya sekitar 45 kilometer arah barat pusat kota Banyuwangi dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat paling lama sekitar 60 menit, berlokasi di Purwosari, Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur 68482/ RS

Baca juga: Enaknya Nasi Penggel dan Mendoan Kuliner Unik Khas Kebumen di Pasar Giwangretno

Baca juga: 5 Pulau Mistis di Indonesia yang Konon Sering Terjadi Penampakan Masalalu

 


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait