Pesona Destinasi Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi

Wisata —Jumat, 29 Oct 2021 16:37
    Bagikan  
Pesona Destinasi Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi
Geopark Ciletuh | Pinterest

SUKABUMI,DEPOST- UNESCO baru-baru ini mengumumkan Ciletuh di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jawa Barat, sebagai salah satu Global Geoparks yang baru. Berkat nominasi ini, semua tujuan yang termasuk dalam zona geopark telah mulai mendapatkan perhatian dunia, sehingga meningkatkan kedatangan turis ke Sukabumi.

Pariwisata di Sukabumi semakin berkibar dengan hadirnya destinasi wisata baru, yakni Geopark Ciletuh. Terlebih lagi, Geopark Ciletuh sedang dinominasikan untuk menjadi bagian dari Global Geopark Network UNESCO, sehingga apabila sudah disahkan menjadi UNESCO Geopark, nama Ciletuh akan semakin mendunia lagi.

Dengan mendapat status UNESCO Geopark, masyarakat setempat diharapkan lebih memiliki rasa memiliki terhadap lingkungannya. Melalui geowisata, akan tercipta banyak lapangan pekerjaan dan perekonomian pun bergerak sambil tetap melakukan konservasi alam. Indonesia saat ini memiliki dua lokasi geopark yang telah diakui oleh UNESCO, yakni kawasan Gunung Batur di Bali dan Gunung Sewu di Jawa Timur.

Baca juga: Warna-Warni Budaya Indonesia Hiasi Peringatan Sumpah Pemuda Jateng

Geopark Ciletuh Sukabumi merupakan kawasan yang dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi ikon pariwisata, tak hanya di Indonesia, namun juga dunia.

Keindahan Geopark Ciletuh yang terletak di delapan Desa Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng Kab. Sukabumi mengundang para petualang untuk melihat pesona dan keindahan alamnya. Beberapa obyek yang patut dilihat, seperti : Curug Cimarinjung, Puncak Darma, Panenjoan, Pulau Batik, Penangkaran Tukik dan Penumbangan.

Geopark Ciletuh memiliki bentuk menyerupai tapal kuda (amphitheater) dengan diameter sekitar 15 kilometer yang menghadap ke Teluk Ciletuh. Dengan area yang berada dalam naungan UNESCO. Begitu luas, jumlah obyek wisata di Geopark Ciletuh pun sangat banyak, mencapai 70 obyek wisata. Berikut ini adalah beberapa obyek wisata utama yang wajib Anda kunjungi.

Baca juga: Museum Sri Baduga Bandung, Destinasi Wisata yang Penuh dengan Edukasi

Terdapat 7 curug dengan masing-masing keunikannya. Curug Cimarinjung misalnya, diantara rimbunan pohon ditambah alirannya yang deras membuat pengunjung terasa sejuk terkena cipratan air terjun dari dekat.

Curug lainnya yang dapat ditempuh dengan mudah ialah sodong dengan aliran kembar yang tinggi, sampai-sampai Pengunjung sudah bisa mengintip keindahan curug ini dari parkiran. Masih di area yang sama, dengan treking kurang lebih 15 menit memasuki hutan, pengunjung dapat menemukan Curug Cikanteh dengan lebih dari 2 aliran air terjun.

Berkendara kurang lebih 30 menit, terdapat Curug Awang dan Puncak Manik. Dari parkiran, pengunjung dapat turun mendekat pada aliran Curug Awang yang disebut mirip Niagara Falls.

Kalau masih kurang, kalian juga bisa pergi ke dataran tinggi di taman Geopark Ciletuh sambil menikmati keindahan dan panorama alam. Selain itu, menyusuri gua-gua di dekat laut pantai selatan, dan air terjun yang langsung jatuh ke laut tentu akan menyenangkan sekali.

Baca juga: Wisata Kenjaran Park, Taman Hits di Surabaya Nuansa ala Beijing

Tempat Wisata Di Sekitar Geopark Ciletuh Sukabumi

Asiknya kalau liburan kesini kalian bisa mendapatkan banyak wisata sekaligus. Ini berarti merupakan hal yang bagus untuk melengkapi koleksi foto instagram kalian.

Pantai Palangpang, Pintu Masuk Geopark

Pinterest

Pantai ini merupakan pintu masuk ke dalam Geopark yang ada di Sukabumi ini. Di pantai ini juga terdapat tugu Geopark Ciletuh. Jadi kalau kalian ingin berfoto di salah satu landmark Geopark, sebaiknya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Pantai Palangpang ini ya.

Curug Cimarinjung Menjulang Tinggi

Pinterest

Lokasinya berada tak jauh dari Pantai Palangang, bahkan kalau mau berjalan kaki menuju tempat wisata di Ciletuh ini dari pantai juga bisa. Jaraknya hanya sekitar 1 KM saja kok dari pantai. Ketika debit air sedang tinggi, air terjun di Curung Cimarinjung ini akan mengalir deras. Jadi sebaiknya kalian berhati-hati ya.

Baca juga: Destinasi Wisata Hits De Djawatan Benculuk Hutan Trembesi Bak di Negeri Dongeng di Banyuwangi

Curug Cikanteh Penuh Pesona

Pinterest

Air terjun indah yang lokasinya berdekatan dengan Curug Sodong. Airnya mengalir deras dari tebing batuan tinggi lalu jatuh ke bebatuan besar di bawahnya dengan dramatis. Air terjun menghantam bebatuan dengan tak beraturan hingga menciptakan aliran air yang melebar. Untuk menikmati air terjun indah di Sukabumi ini kalian perlu trekking selama kurang lebih 15 menit.

Tips Liburan Ke Geopark Ciletuh Sukabumi

  • Jalanan menuju ke tempat wisata di Sukabumi yang keren ini lumayan rusak, jadi sebaiknya kalian menggunakan kendaraan yang mumpuni. Misalnya kedaran four wheel drive atau kendaraan yang lebih nyaman.
  • Jangan lupa untuk mampir dan berkunjung ke curug yang bertebaran di Geopark Sukabumi. Di tempat wisata ini memang yang paling keren adalah curug-curug yang ada disana. Seperti misalnya Curug Cimarinjung, Curug Awang, dan Curug Sodong.
  • Jika kalian berkunjung dengan menggunakan kendaraan beroda dua atau sepeda motor. Sebaiknya ekstra hati-hati dan pastikan sepeda motor kalian berada dalam kondisi yang prima.
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan kunjungan kalian ke Geopark Sukabumi. Sayang sekali kan sudah jauh-jauh tetapi tidak memiliki dokumentasi.
  • Jangan buang sampah sembarangan, jangan corat-coret atau melakukan apapun yang bisa merusak keindahan geopark keren di sukabumi ini!

Usaha para pengunjung dapat terlunasi dengan nuansa romantis dan pemandangan yang eksotis di Geopark Ciletuh Sukabumi. -23

Baca juga: Keindahan Sungai Bengawan Solo dan Cerita Mitos Keangkeran Buaya Putih

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait