Sunrise Pantai Cacalan Wisata Banyuwangi yang Eksotis dan Romantis

Wisata —Sabtu, 30 Oct 2021 07:54
    Bagikan  
Sunrise Pantai Cacalan Wisata Banyuwangi yang Eksotis dan Romantis
Sunrise Pantai Cacalan Wisata Banyuwangi yang Eksotis dan Romantis ( Pinterest )


BANYUWANGI-DEPOST- Banyu wangi terkenal dengan sebutan Sunrise of java, oleh sebab itu mungkin anda sudah sering dengar beberapa pantai iindah di wilayah itu, di antaranya Pantai Pasir Ireng, Pantai Pulau Merah hingga G-Land yang selalu menjadi incaran wisatawan.

Tapi wajib anda tau kalau ada satu lagi pantai yang tak kalah indah, yaitu Cacalan di Sukowidi. Jarak ke Pantai Cacalan cukup dekat, hanya 5 kilometer dari Banyuwangi. Pantai ini juga berdekatan dengan Pelabuhan Ketapang, sekitar satu kilometer saja.

Pantai Cacalan mulai ramai dikunjungi sejak 2016. Wisatawan mulai beralih dari Pantai Boom karena area lepas pantai tersebut ditutup untuk dibangun menjadi pelabuhan kapal pesiar.

Saat menuju ke Pantai Cacalan, Sobat Pesona akan melewati Lundin Industry, perusahaan yang memproduksi kapal militer berbasis teknologi Swedia.

Dulu, daerah ini banyak ditumbuhi pohon jajang atau bambu. Saat mulai dilirik wisatawan, pantai ini sedikit demi sedikit dibersihkan oleh masyarakat sekitar.

Mereka membersihkan area pantai dengan bantuan cangkul yang oleh masyarakat sekitar disebut "dicacal.

Baca juga: Mobil Mercedes Akan Memiliki Audio Dolby Atmos Opsional Mulai Tahun 2022

Baca juga: Rugikan Negara 50 Miliar, Kades Cikole Non Aktif dan Mantan Kades Cibogo, Di Amankan Polda Jabar

Mungkin itu juga yang menjadikan pantai dinamakan pantai Cacalan.

Anda dapat menikmati keindahan Selat Bali dari lepas Pantai Cacalan. Di sana, kita bisa bermain di bibir pantai sambil menikmati debur ombak yang tenang.

Dan jika anda ingin ke tengah laut, bisa menyewa perahu. Perahu ini juga bisa membawa wisatawan menyeberang ke Pulau Santen dan Pantai Boom.
Saat air surut, anda juga bisa menikmati hamparan bebatuan yang ditumbuhi rumput laut.

Pantai Cacalan sendiri dibagi menjadi dua area. Area pertama seluas 1,2 hektare yang berada di sepanjang garis pantai.
Sedangkan 2,2 hektare lainnya dibangun oleh pemerintah setempat menjadi area bermain, restoran serta tempat beristirahat.

Waktu yang paling pas untuk menyaksikan sunrise di Pantai Cacalan adalah pukul 4.30 pagi.karena anda akan merasakan pengalaman yang berbeda.
Anda bisa berburu sunrise di Pantai Cacalan. Posisinya yang menghadap ke Timur dan Utara sangat cocok untuk menyaksikan sunsrise. NN

Baca juga: The Beaty of the Ciletuh Geopark Sukabumi Indonesia

Baca juga: Pesona Destinasi Wisata Geopark Ciletuh Sukabumi


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait