Mengintip Hidden Place di Kaki Gunung Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep

Wisata —Jumat, 17 Dec 2021 16:20
    Bagikan  
Mengintip Hidden  Place di Kaki Gunung Rinjani, Air Terjun Tiu Kelep
pinterest

LOMBOK, DEPOST.ID- Gunung Rinjani memang memiliki pesona yang tidak perlu diragukan lagi keindahannya.

Di Kaki Gunung Rinjani, kamu akan menemukan beberapa air terjun. Yang paling terkenal adalah Air Terjun Sendang Gile. Tapi, banyak juga yang akan melanjutkan perjalanan ke Air    Terjun Tiu Kelep.

Tiu kelep adalah air terjun yang masih satu aliran dengan Sedang Gile di bawahnya. Kucuran air yang mengaliri keduanya sama sama berasal dari Danau Segara Anak di Gunung RInjani.

Untuk menuju Air Terjun Tiu Kelep bukanlan hal yang mudah, untuk menuju kesana membutuhkan waktu 45 menit dari Sendang Gile.

Baca juga: Sensasi Menyusuri Venezia di Little Venice Kota Bunga

Perjalanan para pengunjung akan diawali dengan menaiki anak tangga yang cukup curam. Selanjutnya, kamu akan berjalan menyusuri anak sungai dengan berjalan kaki dan dilanjutkan dengan melintasi jembatan kanal air di antara jurang. Perjalanan menuju kesana membutuhkan nyali yang besar dan kondisi fisik yang baik juga.

Saat berhasil sampai, kamu akan melihat dengan derasnya luncuruan air setinggi 45 meter yang menghujam kolam id bawahnya. Tinggi sekali jika dibandingkan dengan d=sendang gile yang ketinggiannya 30 meter saja.

Nama tiu kelep artinya adalah kolam terbang. Dinamakan begitu karena pada  bagian dasarnya terdapat kolam cekungan yang tingginya sepinggang orang dewasa.

Kalau kamu ingin berfoto disekitar air terjung, kamu harus menggunakan kamera anti air. Sebaiknya kamu berfoto sedikit menjauh dari air terjun, karena debit airnya besar akan membuat cipratan seperti embun. Dan jika ini adalah kali pertama kamy menuju kesana, lebih baik kamu menyewa tour guide agar tidak tersesat. –zz-

Baca juga: Mengenal Belangar, Upacara Adat Melayat Bagi Masyarakat Lombok


Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait